Follow our news chanel

Previous
Next

Keluarga setuju pencarian korban kapal tenggelam dihentikan

Papua
Pertemuan tim SAR dengan keluarga korban kapal tenggelam - dok. SAR Merauke.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, JubiKomandan Satuan Patroli Lantamal XI Merauke Letkol Asep Muslim Sugiantoro mengimbau pengguna alur pelayaran memperhatikan unsur keselamatan. Kewaspadaan itu untuk mengantisipasi potensi kecelakaan selama pelayaran.

Imbauan tersebut berkaitan dengan tenggelamnya Kapal Motor Pelita Makmur di Perairan Torasi, pekan lalu. Sebanyak dua dari enam kru kapal sampai saat ini belum ditemukan.

”Kita tentu tidak mengharapkan ada kecelakaan di laut. Itu seperti tenggelamnya KM Pelita Makmur,” kata Asep, Kamis (3/9/2020).

KM Pelita Makmur tenggelam sekitar pukul 20.00 Waktu Papua pada Rabu pekan lalu. Pencarian terhadap dua anak buah kapal nelayan tersebut akhirnya dihentikan setelah melewati tujuh hari masa operasi.

“Atas kesepakatan keluarga (korban) bersama pemilik kapal dan tim SAR gabungan, operasi pencarian terhadap dua kru KM Pelita Makmur dihentikan. Pencarian telah dilakukan selama tujuh hari, tetapi (korban) belum ditemukan,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Merauke Supriyanto Ridwan.

Tujuh hari ditetapkan sebagai tenggat akhir operasi pencarian berdasarkan prosedur operasi standar dan tercantum pada Undang-Undang SAR Nomor 29 tahun 2014. Standar itu merujuk kepada kemampuan manusia bertahan hidup pada alam terbuka dalam kondisi tanpa makan dan minum.

Supriyanto mengaku tim telah berupaya semaksimal mungkin menemukan dua korban hilang akibat tenggelamnya KM Pelita Makmur. Seluruh kemampuan fisik maupun peralatan telah dikerahkan selama pencarian, tetapi korban belum juga ditemukan.

Loading...
;

“Walaupun operasi pencarian telah dihentikan, kami tetap melakukan pemantauan. Jika ada laporan mengenai keberadaan korban, operasi akan dilanjutkan kembali,” jelas Supriyanto. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top