HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Keluhan Pemimpin Oposisi PNG terhadap PM ditolak

Anggota Parlemen (MP) dari Vanimo-Green, Belden Namah, dan tim pengacaranya. - The National/ Randall Betuela

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Mahkamah Agung PNG telah menolak kasus yang diajukan oleh MP Belden Namah pada Maret lalu, dimana ia mempertanyakan keabsahan pemilihan James Marape sebagai perdana menteri tahun lalu, dengan alasan Namah masih ‘diskors’ dari jabatannya sebagai MP.

MA memutuskan bahwa MP Namah telah ditangguhkan setelah ia dilaporkan ke Tribunal Kepemimpinan oleh Jaksa Penuntut Umum pada 18 Oktober 2017.

Keluhan Pemimpin Oposisi PNG terhadap PM ditolak 1 i Papua

Setelah mengadili kasus, pengadilan itu merekomendasikan agar Naman diberhentikan dari jabatannya.

Namah lalu mengajukan, dan disetujui, perintah tetap dari Pengadilan Nasional mengenai putusan pengadilan pada 5 Juli 2018 itu. Dengan perintah tersebut, ia terus menjalankan tugasnya sebagai MP Vanimo-Green. Tahun lalu, ia terpilih sebagai Pemimpin Oposisi.

Dia mengajukan keluhan mengenai kasus Marape ini pada 30 Maret lalu sebagai Pemimpin Oposisi.

Mahkamah Agung dengan lima anggota ini terdiri dari Wakil Ketua Mahkamah Agung, Ambeng Kandakasi, Hakim Panuel Mogish, Hakim David Cannings, Hakim George Manuhu, dan Hakim Jeffrey Shepherd.

Loading...
;

Pada Juli 2018, Tribunal Kepemimpinan memutuskan Namah bersalah setelah melakukan pelanggaran saat ia menyerbu masuk sebuah ruang sidang pada 24 Mei 2012 di mana Ketua MA saat itu, Sir Salamo Injia, sedang memimpin persidangan.

Namah, bersama sekelompok polisi dan tentara, menyela sesi pengadilan dan menuntut pengunduran diri Sir Salamo Injia.

Sementara itu, Post-Courier melaporkan PM Marape telah meninjau 12 bulan pertama kepemimpinannya dan, pada Jumat lalu (29/5/2020) memberikan laporan kinerja pemerintahnya selama 12 bulan terakhir, ia mengklaim pemerintahnya menaikkan tingkat pertumbuhan PDB dari resesi, minus 0,8% pada 2018, menjadi 5% pada 2019. (The National)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa