HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kembangkan kebun gizi keluarga untuk hadapi pandemi covid-19

Penyaluran bantuan bibit tanaman pekarangan kepada kelompok dasa wisma di Kelurahan Yabansai, Jayapura - dok.pribadi.
Penyaluran bantuan bibit tanaman pekarangan kepada kelompok dasa wisma di Kelurahan Yabansai, Jayapura – dok.pribadi.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan Yabansai membagikan sebanyak 50 bibit terong dan cabai kepada kelompok dasa wisma setempat. Setiap anggota mendapat masing-masing dua bibit terong dan cabai dalam bentuk anakan di polibag.

“Pembagian (bibit tanaman) ini supaya setiap ibu rumah tangga memanfaatkan pekarangan rumah menjadi kebun gizi untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Mereka bisa bercocok tanam di lahan sempit,” kata Ance W Mebri, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Yabansai, Distrik Heram, Jayapura, Kamis (9/4/2020).

Kelompok Dasa Wisma Kelurahan Yabansai saat ini juga sedang menyiapkan sebuah kolam pembibitan ikan. Tim Penggerak PKK setempat pun berencana menyumbangkan kembali berbagai jenis tanaman untuk mengembangkan kebun gizi keluarga di Yabansai.

“Anggota dasa wisma tersebut terdiri atas kelompok kerajinan tangan dari bahan daur ulang sampah, dan pembuatan kompos. Selain itu, kelompok (budi daya) tanaman pangan dan sayur (hortikultura),” lanjut Ance.

Usaha budi daya tanaman pangan skala rumah tangga dikembangkan sebagai salah satu solusi dalam menghadapi pandemi covid-19. Warga bisa mengelola dan memenuhi sendiri kebutuhan pangan keluarga tanpa harus ke luar dari lingkungan rumah.

“Usaha ini akan menjadi contoh bagi masyarakat sekitar. Mereka bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga, sekaligus meminimalkan dampak (pandemi covid-19 terhadap) ekonomi keluarga,” kata Lurah Yabansai Louis Mebri. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa