HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kemen BUMN datangkan PCR dari Swiss, Papua salah satu provinsi penerima

Ilustrasi tes virus corona โ€“ Jubi/Tirto.ID
Ilustrasi tes virus corona โ€“ Jubi/Tirto.ID

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dalam upaya percepatan penanganan COVID-19, telah mendatangkan alat laboratorium tes PCR (Polymerase Chain Reaction) dari Roche, Swiss yang bisa melakukan tes dengan kapasitas hingga 10.000 per hari. Papua adalah salah satu provinsi prioritas distribusi alat tes ini.

Staf khusus Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga, dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Rabu (8/4/2020), mengatakan terdapat dua unit PCR yang memiliki alat RNA extractor otomatis dengan kemampuan 10.000 tes per hari dan ada juga alat yang berkapasitas melakukan 500 tes per hari.

“Kalau alat ini sudah terinstal semua bisa tercapai 8.000 hingga 10.000 tes per hari. Jadi, dalam sebulan kita bisa tes 300 ribu orang,” ujar Arya.

Dengan kapasitas tes bisa mencapai 10.000 per hari, menurut Arya, akan semakin cepat pula pemerintah mendata jumlah orang yang terinfeksi virus corona, untuk kemudian menentukan langkah antisipasi selanjutnya.

Apalagi, lanjut Arya, alat tes laboratorium PCR ini mempunyai tingkat presisi yang lebih akurat ketimbang tes cepat atau rapid test.

Selain Papua, alat tes PCR tersebut nantinya akan didistribusikan ke beberapa provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimatan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Loading...
;

Untuk di DKI Jakarta, Arya menuturkan setidaknya alat tes lab PCR itu bisa digunakan setidaknya dalam dua pekan ke depan.

Pemeriksaan menggunakan teknik reaksi rantai polimerase (PCR) merupakan salah satu tes untuk mendeteksi virus corona. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara pengumpulan usap (swab) dari saluran pernapasan atas, yakni bagian hidung, mulut, dan tenggorokan.

Sampel berupa swab dari hidung, mulut, dan tenggorokan itu ditujukan untuk memastikan orang-orang yang positif COVID-19 dari hasil rapid test. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa