Follow our news chanel

Kemendikbud akan beri bantuan kepada 235 komunitas budaya dan 73 desa adat

Ilustrasi, OAP dalam sebuah upacara adat - Jubi/dok
Kemendikbud akan beri bantuan kepada 235 komunitas budaya dan 73 desa adat 1 i Papua
Ilustrasi, OAP dalam sebuah upacara adat – Jubi/dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi ÔÇô Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud akan memberikan bantuan pemerintah kepada 235 komunitas budaya dan 73 desa adat. Bantuan itu merupakan bagian dari program Fasilitasi Komunitas Budaya di Masyarakat dan Revitalisasi Desa Adat.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid melalui siaran pers yang diterima Kantor Berita Antara di Jakarta, Selasa (30/4/2019). “Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya di Masyarakat atau FKBM dan Revitalisasi Desa Adat atau RDA merupakan program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program itu dijalankan Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi,” kata Hilmar Farid.

Bantuan pemerintah kepada komunitas budaya dapat dimanfaatkan untuk penyediaan sarana dan prasarana kebudayaan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas keberadaan komunitas budaya. Yang dianggap tergolong sebagai komunitas budaya adalah kesatuan sosial yang memiliki potensi budaya berupa tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, dan olahraga tradisional. Keraton, komunitas adat, lembaga adat, sanggar seni, lembaga kepercayaan, dan komunitas tradisi termasuk kelompok yang bisa menerima bantuan itu.

Bantuan RDA diberikan untuk meningkatkan sarana dan prasarana kebudayaan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas keberadaan desa adat. Yang digolongkan sebagai desa adat dalam program itu adalah satuan masyarakat hukum adat yang memiliki kekuatan identitas budaya dengan prinsip gotong royong.

Bantuan FKBM telah disalurkan sejak tahun 2012, sedangkan bantuan pemerintah RDA dilaksanakan sejak tahun 2013. Hingga tahun 2018, Kemendikbud telah merangsang pertumbuhan 2001 komunitas budaya dan 459 desa adat di seluruh Indonesia.

Untuk dapat menerima bantuan, komunitas budaya atau desa adat harus melalui proses verifikasi administrasi, verifikasi lapangan, serta penetapan. Jika telah mendapatkan penetapan, calon penerima FKBM dan RDA harus mengikuti lokakarya sebagai bagian mekanisme seleksi tahap akhir.

Loading...
;

Setelah dokumen administrasi dicek ulang, dan Rincian Anggaran Biaya yang diajukan calon penerima disetujui, calon penerima dan Kementerian akan menandatangani Surat Perjanjian Pemberian Bantuan. Seluruh bantuan akan dibayarkan langsung oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara ke rekening calon penerima bantuan, tanpa melalui perantara dari pihak mana pun.

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top