HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kemendikbud pastikan tidak ada kenaikan UKT

Foto ilustrasi, beasiswa pendidikan. - pixabay.com

Kenaikan uang kuliah di kampus yang telah dilakukan diambil sebelum masa pandemi dan diberlakukan kepada mahasiswa baru sesuai kemampuan ekonomi orang tua.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Pelaksana tugas Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa, Prof Nizam memastikan tidak ada kenaikan Uang Kuliah Tunggal saat pandemi Covid-19. Kenaikan uang kuliah di kampus yang telah dilakukan diambil sebelum masa pandemi dan diberlakukan kepada mahasiswa baru sesuai kemampuan ekonomi orang tua.

Kemendikbud pastikan tidak ada kenaikan UKT 1 i Papua

“Kemendikbud memastikan tidak ada kenaikan UKT pada masa pandemi Covid-19. Jika ada kampus yang menaikkan UKT, keputusan tersebut diambil sebelum masa pandemi dan diberlakukan kepada mahasiswa baru sesuai kemampuan ekonomi orang tua,” kata Nizam, Rabu, (3/6/2020).

Baca juga : Jika tuntutan tak dipenuhi, mahasiswa USTJ ancam lumpuhkan aktivitas kampus

Jika tuntutan tak dipenuhi, mahasiswa USTJ ancam lumpuhkan aktivitas kampus

Nizam memastikan keputusan terkait UKT tidak boleh menyebabkan mahasiswa tidak dapat melanjutkan kuliah. Berdasarkan keputusan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) terdapat empat pilihan untuk mengatasi masalah UKT, yakni menunda pembayaran, mencicil pembayaran, mengajukan penurunan UKT, dan mengajukan bantuan finansial bagi yang berhak.

“Seluruh mekanisme pengajuan dan keputusan diatur oleh masing-masing PTN. Mahasiswa dapat mengajukan keringanan UKT kepada pimpinan PTN sesuai dengan prosedur yang berlaku,” kata Nizam menjelaskan.

Ia menjamin pemerintah juga memfasilitasi pemberian bantuan KIP Kuliah bagi mahasiswa PTN dan PTS. “Tahun in pemerintah mengalokasikan KIP Kuliah bagi 400 ribu mahasiswa,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top