HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kemenkominfo target Agustus 2019 Palapa Ring Timur selesai

 

Kemenkominfo target Agustus 2019 Palapa Ring Timur selesai 1 i Papua
Menkominfo Rudiantara saat berada di salah satu helikopter di Bandara Wamena yang dipergunakan untuk mengerjakan Palapa Ring-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Selasa (30/4/2019) mengunjungi Wamena untuk melihat perkembangan pembangunan proyek palapa ring wilayah timur di Kabupaten Jayawijaya.

Menteri menggunakan tiga helikopter meninjau sejumlah pembangunan palapa ring baik di wilayah Distrik Kurulu dan Itlat Hisage.

Kemenkominfo target Agustus 2019 Palapa Ring Timur selesai 2 i Papua

Usai meninjau, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, progress pembangunan palapa ring wilayah timur secara keseluruhan telah mencapai 96 persen mulai dari Nusa Tenggara Timur, Maluku hingga Papua Barat.

Namun untuk provinsi Papua, pembangunan baru mencapai 93 persen dikarenakan tantangan yang dialami khususnya di wilayah pegunungan tengah yang pemasangannya di bukit-bukit.

“Palapa Ring timur ini kalau untuk kontruksi secara keseluruhan sudah 96 persen, untuk di NTT, Maluku dan Papua Barat bisa dikatakan sudah selesai 100 persen, dimana di daerah tersebut bisa diuji cobakan, namun di Papua sendiri baru 93 persen progressnya, dimana tantangan dengan 52 titik yang harus menggunakan perangkat jaringannya harus dipasang di bukit-bukit,” kata Rudiantara.

Tantangan yang terjadi di Papua ini, menurutnya tidak menyurutkan tekad pemerintah untuk menyelesaikan program pembangunan palapa ring yang terintegrasi mulai dari wilayah Indonesia barat, tengah dan timur.

“Kita ini bangsa petarung, tidak pernah menyerah membangun Indonesia, apalagi untuk menyempitkan kesenjangan terutama di bidang akses internet di seluruh Indonesia, targetnya pertengahan tahun kontruksi selesai, tinggal nanti sebulan masa integrasi karena perlu ada masa uji coba selama 28 hari diintegrasikan antara palapa ring barat, tengah dan timur,” katanya.

Ia juga menyampaikan target Juli nanti kontruksi pembangunan selesai, kemudian tinggal dilakukan integrasi lalu beroperasi, sehingga ketika merayakan kemerdekaan 17 Agustus 2019 nanti, merdeka pula dari internet untuk dengan kecepatan tinggi.

“Soal keamanan yang lebih mengerti situasinya teman-teman dari TNI dan Kepolisian, kami ikut saja. Tentu peran tokoh masyarakat, tokoh agama juga dilibatkan karena pendekatannya tidak bisa pendekatan hanya fisikal security, tetapi juga pada kebudayaan,” katanya.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengatakan, dari empat tower palapa ring yang dibangun di Jayawijaya, sudah selesai seperti di Itlayhisage, sedangkan Kurulu sementara masih pengerjaan dan sudah hampir 100 persen.

Awalnya, rencana pembangunan tower di Kurulu sempat bermasalah karena hak ulayat, kini pembangunannya mulai dilakukan dengan dukungan masyarakat.

“Tower di Kurulu tahapan pembangunan awal memang ada sedikit hambatan, tapi sekarang semua sudah lancar. Pada prinsipnya apa yang dibangun oleh kementerian pada intinya kami mendukung, karena kebutuhan itu di daerah dan pak menteri datang kesini untuk membantu kami, sehingga kami harus menjaga membantu kementerian untuk menjaga akses yang ada di Jayawijaya,” kata Banua. (*)

Editor: Syam Terrajana

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top