Follow our news chanel

Kemenpan-RB minta instansi pemerintah terus memperbaiki birokrasi

Kemenpan-RB minta instansi pemerintah terus memperbaiki birokrasi 1 i Papua
Suasana pembukaan coaching clinic tentang reformasi birokrasi, sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan zona integritas bagi pejabat provinsi, kabupaten dan kota se-Papua – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) meminta instansi pemerintah di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota se-Papua, untuk terus memperbaiki birokrasinya dengan terus memberikan pendampingan menyeluruh.

Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan-RB, Naptalina Sipayung mengatakan sekretaris daerah sebagai pemimpin birokrasi tertinggi di daerah merupakan kunci suksesnya implementasi reformasi birokrasi.

“Untuk wujudkan ini, perlu perhatian masing-masing sekda di daerah sebagai motor perubahan kualitas pelayanan publik,” kata Naptalina Sipayung di Jayapura, Selasa (25/6/2019).

Menurut ia, meskipun indeks reformasi birokrasi dan Sakip Provinsi Papua, sudah mendapat predikat B. Namun, perlu ada perhatian dari tim Sakip Papua maupun kabupaten dan kota terkait dokumen-dokumen yang diminta.

“Kami akan terus mendorong Papua agar indeks terus naik seperti provinsi lainnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan good government. Dengan melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan guna mewujudkan birokrasi bersih, akuntabel, efektif dan efisien, serta memberikan pelayanan publik yang semakin baik serta memberi pelayanan yang memuaskan masyarakat.

“Semestinya pelaporan dokumen-dokumen Sakip sudah dapat rutin dilaporkan pada Kemenpan-RB. Selama ini alasan soal teknologi informasi, tetapi kenapa Kabupaten Asmat bisa masukan dokumen secara baik, ini tentu menjadi perhatian kita bersama,” katanya.

Loading...
;

Di tempat yang sama, Asisten Bidang Umum Papua, Elisa Auri mengatakan pelayanan reformasi birokrasi harus dikuatkan dari semua jenjang struktur, baik di provinsi maupun di kabupaten/kota dalam sisi pelayanan pemerintahan secara umum.

“Intinya kita dituntut untuk melakukan itu semua sehingga ada transparansi akuntabilitas yang baik pada masing-masing instansi baik itu provinsi maupun di kabupaten/kota,” kata Auri

Ia menjelaskan, ada beberapa langkah konkret untuk meningkatkan perbaikan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan delapan area , yakni manajemen perubahan, penataan perundang-undangan, penguatan organisasi, penataan tata laksana sistem manajemen SDM, kemudian penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Saya harap semua jajaran segera melakukan pembenahan, mengambil langkah-langkah korektif pada masing masing unit kerja sehingga apa yang menjadi tujuan dari reformasi birokrasi bisa terwujud,”

“Keberhasilan sangat ditentukan oleh komitmen tinggi dari segenap komponen yang ada di tingkat provinsi, kabupaten dan kota se-Papua,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top