Kemenpupera siap bantu Papua bangun venue PON

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) telah menyatakan diri siap membantu Provinsi Papua membangun venue olahraga, yang digunakan pada PON XX Tahun 2020, di Papua.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan Kemenpupera akan membangun lima venue di Papua.

"Pemerintah Provinsi Papua sudah berkoordinasi dengan Kemenpupera yang dipimpin langsung oleh Sekda Papua terkait pembangunan venue PON yang dibiayai APBN," kata Yusuf Yambe kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (1/8/2017).

Menurut ia, lima venue yang akan dibangun Kemenpupera antara lain, aquantik, lapangan hockey Indoor, Istora Papua Bangkit, Cricket dan Velodrome.

"Kelima venue ini dibangun dengan anggaran APBN yang sudah dijanjikan oleh Presiden Joko Widodo sebesar Rp1.6 triliun," ucapnya.

Ia menjelaskan, pembangunan venue akan dimulai tahun depan (2018). "Yang jelas, anggaran ini masuk dalam dana Dekon atau penganggaran seperti apa, yang jelas Menteri PU mengatakan bahwa akan membangun lima venue tersebut tahun 2018 mendatang," ucapnya.

Loading...
;

"Dengan pembangunan lima venue ini oleh Kemenpupera, maka kami tinggal mengurus masalah akomodasi. Karena masalah pembangunan infrastruktur venue sudah tuntas," kata Yusuf Yambe.

Kendati demikian, pihaknya berharap diakhir 2018 semua venue sudah selesai dibangun, sehingga dalam waktu dekat sudah bisa umumkan 38 cabor yang sudah diputuskan sementara akan dipertandingkan di lima wilayah cluster mana. "Yang jelas Kabupaten Keerom juga masuk untuk pertandingan cabang olahraga Futsal," tambahnya. 

Secara terpisah, Gubernur Papua Lukas Enembe berharap kucuran dana tambahan dari Pemerintah Pusat pembangunan Stadion Utama di Kampung Harapan, dan venue lainnya bisa selesai tepat waktu.

"Kami harapkan bisa selesai semua. Karena Timika kan sebagian besar sudah ada. Tinggal venue-venue yang kita mungkin perbaiki dan fasilitas yang ada saat ini akan kita perbaiki/rehab saya pikir sudah selesai," kata Enembe.

Sedangkan untuk fasilitas penunjang lainnya seperti telekomunikasi, infrastruktur jalan, listrik, air bersih. Kata Gubernur, Presiden Joko Widodo juga telah memerintahkan kepada setiap Menteri terkait untuk membantu Papua, menyukseskan ajang nasional ini. (*) 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top