Follow our news chanel

KENA dideklarasikan, fokus pada persoalan sosial dan lingkungan

Anggota Komunitas KENA dan Ketuas KNPI Nabire saat foto bersama – Jubi/Titus Ruban.
KENA dideklarasikan, fokus pada persoalan sosial dan lingkungan 1 i Papua
Anggota Komunitas KENA dan Ketuas KNPI Nabire saat foto bersama – Jubi/Titus Ruban.

Nabire, Jubi – Ada komunitas yang baru terbentuk di Nabire. Namanya Komunitas Enaimo Nabire (KENA) yang baru saja mendeklarasikan diri pada Rabu (03/07/2019) kemarindi kantor KNPI.

Awalnya, komunitas yang dibentuk leh anak – anak muda Nabire, khususnya OAP ini hadir karena peduli pada korban banjir Bandang di Sentani dan warga pengungsi dari Nduga di saat yang bersamaan pada Maret 2019 silam, mereka lalu melakukan penggalangan dana.

Ketua KENA, Philemon Keiya mengatakan pihaknya saat itu berpikir untuk melanjutkan kebersamaan tersebut dalam sebuah komunitas guna melakukan berbagai kegiatan sosial di Nabire. Dengan nama Enaimo merupakan bahasa Mee, yang artinya Bersama.

“Tujuan kami dalam kesepakanan komunitas akan bergerak hanya dalam dua bidang saja, yakni berbagai persoalan sosial dan isu lingkungan,” ujarnya kepada Jubi di Nabire usai deklarasi.

Menurut Keiya, dua bidang ini dipilih lantaran saat ini di Nabire terjadi satu persoalan besar yang dapat mempengaruhi tatanan hidup masyarakat. Mulai dari penjudian, togel, Miras, Narkoba, hingga Aibon yang digemari anak di bawah umur yang telah menggerogoti kehidupan.

“Saat ini banyak anak muda mati sia-sia karena Miras, juga pemicu berbagai persoalan dan fakta ini tidak bisa terbantahkan. Juga Aibon yang membudaya dan digemari anak umur 5-25 tahun,” tuturnya.

Sehingga, pihaknya menyepakati untuk berusaha terjun ke masyarakat dan mencoba mengatasi persoalan besar ini dengan menggandeng berbagai pihak. Pemerintah, swasta, gereja dan tokoh agama.

Loading...
;

“Setidaknya kami ingin berusaha meminimalisir dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan ke depan,” ujar Keiya.
Sedangkan isu lingkungan, sebab Nabire kini dijuluki sebagai kota sampah. Sampah berserakan dimana-mana dan menghias wajah kota.

Termasuk banyaknya hutan menjadi korban mangsa dari pemangku kepentingan. Hutan telah digantikan dengan kelapa sawit, dibabat hingga gundul.

“Inilah dua progran kami yang akan dilaksanakan ke depannya,” ucap dia.

Di tempat yang sama, Ketua KNPI Nabire, Norbertus Mote mengapresiasi langkah anak muda ini saat menghadiri deklarasi tersebut. Kata Mote, kini sudah banyak komunitas di Nabire dengan berbagai latar belakangnya, dan hal itu sangat baik sebab komunitas – komunitas tersebut banyak berkomtribusi untuk daerah.

Norbertus sangat mendukung upaya yang dilakukan KENA dalam rangka ikut memerangi penyakit sosial dan lingkungan.

“Ini sumbangsih positif anak muda di Nabire kepada pemerintah. Apalagi mereka ini berasal dari anak – anak OAP, jarang kita seperti ini. Karena selama ini komunitas yang muncul panya non Papua, maka saya sangat dukung langkah mereka,” tandasnya.

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top