HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kenormalan Baru masih dikaji di Kabupaten Jayapura

Papua
Ilustrasi pandemi Covid-19 - Pexels.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Penerapan kenormalan baru atau new normal tidak berlaku pada wilayah yang dikategorikan sebagai zona merah dan kuning penyebaran virus korona. Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua bakal menindak tegas pelanggaran terhadap protokol pencegahan penyebaran virus tersebut.

New normal tidak berlaku bagi wilayah di zona merah dan kuning. Di zona hijau, penerapannya pun harus tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Bupati Mathius Awoitauw, seusai pertemuan dengan Majelis Ulama Indonesia, dan Persekutuan Gereja-Gereja Jayapura, Selasa (2/6/2020).

Kenormalan Baru masih dikaji di Kabupaten Jayapura 1 i Papua

Awoitauw mengatakan terdapat tiga distrik yang dikategorikan sebagai zona merah dan kuning penyebaran virus korona di Kabupaten Jayapura. Distrik tersebut ialah Sentani, Sentani Timur, dan Waibhu.

“Kelurahan Hinekomba, Dobonsolo, dan Sentani kota berada pada zona merah dan kuning. Pembatasan aktivitas (sosial dan ekonomi) tetap diberlakukan sampai saat ini,” jelasnya.

Bupati Awoitauw memastikan mereka bakal menindak tegas setiap pelanggaran terhadap ketentuan tersebut. Karena itu, dia berharap masyarakat mematuhi dan bekerja sama dengan pemerintah dalam memerangi penyebaran korona.

“(Rencana) pemberlakuan new normal untuk zona hijau masih diuji (dikaji) oleh tim gugus tugas (percepatan penanggulangan Covid-19). Ini masa transisi sehingga masyarakat dan lokasi beraktivitas harus dipastikan kesiapannya,” kata Awoitauw.

Loading...
;

Ketua Dewan Pembina Masjid Kabupaten Jayapura Zakaruddin mengatakan penerapan kenormalan baru juga harus mengacu kepada Surat Edaran Menteri Agama dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia. “Surat edaran, dan fatwa tersebut membolehkan pelaksanaan salat berjamaah di masjid.”

Karena itu, menurutnya regulasi pemerintah daerah harus selaras dengan kebijakan tersebut. “Agar tidak terjadi benturan (konflik) karena masih ada pembatasan yang diberlakukan pada zona merah dan kuning di daerah ini.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.