HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kepala BNPB: Korban meninggal dunia 79 orang

Perabotan rumah tangga berserakan di jalan. - Jubi/Gusti
Perabotan rumah tangga berserakan di jalan akbiat banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Jayapura, Papua, pada Sabtu (16/3/2019) malam – Jubi/Gusti

Papua No. 1 News Portal | JubiJayapura, Jubi โ€“ Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen Doni Monardo menyatakan jumlah korban yang meninggal dalam bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura pada akhir pekan lalu mencapai 79 orang. Sejumlah 116 orang terluka, ย dan 4.739 orang lainnya mengungsi karena bencana yang menghancurkan berbagai fasilitas umum dan permukiman itu.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo saat mendatangi sejumlah lokasi bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (18/3/2019). Usai meninjau pos pengunsian di Kantor Bupati Jayapura, Doni menyatakan para pengungsi saat itu telah tertangani, namun penanganannya belum maksimal.

“Upaya yang dilakukan TNI dan Polri sudah luar biasa. Semua pengungsi sudah tertangani walau masih belum maksimal. Saat ini, yang menjadi prioritas adalah logistik. Sempat terjadi keterlambatan makanan (bagi pengungsi). TNI, Polri, dan Pemerintah Kabupaten Jayapura akan menambah jumlah petugas yang mengurusi logistik,” kata Doni.

Sejumlah pengungsi juga mengeluhkan masalah sanitasi di sejumlah titik pengungsian, karena jumlah WC darurat yang terlalu sedikit. “Para pengungsi juga membutuhkan air panas untuk membuat bubur instan bagi bayi mereka. Selain itu sejumlah titik pengusian masih kekurangan alas tidur dan selimut. Bupati, Kapolres, dan Pangdam sudah sepakat akan membangun WC komunal di titik pengungsian,” kata Doni. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa