Follow our news chanel

Kepala BPKPM Merauke: Baru 50 kampung cairkan dana desa tahap dua

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Merauke, Jubi – Kepala Badan Pemerintahan Kampung dan Pemberdayaan Masyarakat (BPKPM) Kabupaten Merauke, Keliopas Ndiken, mengungkapkan dari 142 kampung, baru 50 kampung melakukan pencairan dana desa tahap kedua.

“Memang baru sekitar 50 kampung melakukan pencairan dana desa tahap kedua, sedangkan sisanya belum. Kami sedang mendorong agar kampung-kampung yang belum, segera menyerahkan laporan pertanggungjawaban tahap pertama, sehingga pencairan berikut dapat dilakukan,” ujar Keliopas kepada wartawan, Jumat (19/10/2018).

Secara umum, lanjut dia, pencairan dana tahap kedua belum dilakukan, lantaran aparatur kampung masih menyelesaikan administrasi untuk diserahkan secara berjenjang ke distrik sampai kabupaten.

“Kami juga sedang mendorong kepada kampung-kampung yang telah menggunakan dana tahap dua, membuat laporan, agar pencairan tahap ketiga, dapat dilakukan,” katanya.

Dijelaskan, setiap laporan pertanggungjawaban yang masuk ke dinas, akan segera ditindaklanjuti dengan memroses lebih lanjut. Tujuannya agar kegiatan pembangunan yang telah dibuat bersama di kampung dapat dijalankan.

Ditanya besarnya dana desa setiap kampung, Keliopas mengaku bervariasi dengan disesuaikan jumlah penduduk maupun topografi setiap kampung.

Loading...
;

Menyangkut pansus dana desa yang dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Keliopas mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh agar pengawasan penggunaan dana desa dilakukan secara bersama-sama.

Anggota DPRD Merauke, Moses Kaibu, menegaskan banyak kepala kampung menggunakan dana desa untuk kepentingan pribadi setelah melakukan pencairan.

“Dari laporan yang saya terima, begitu kepala kampung mencairkan dana, bersangkutan menghabiskan waktu di kota dan berfoya-foya. Sedangkan fisik pembangunan di kampung, tidak ada sama sekali,” tegasnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top