Follow our news chanel

Previous
Next

Kepala BPS: Semua orang asli Papua harus terdata dalam Sensus Penduduk 2020

Kepala BPS Papua, Simon Sapari mengajarkan cara pengunaan aplikasi pendataan penduduk kepada Ketua MRP Timotius Murib dan beberapa anggota MRP. – Dok. Humas MRP
Kepala BPS: Semua orang asli Papua harus terdata dalam Sensus Penduduk 2020 1 i Papua
Kepala BPS Papua, Simon Sapari mengajarkan cara pengunaan aplikasi pendataan penduduk kepada Ketua MRP Timotius Murib dan beberapa anggota MRP. – Dok. Humas MRP

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Papua, Simon Sapari menyatakan pihaknya bersama 53 negara di dunia sedang melaksanakan Sensus Penduduk 2020. Sensus penduduk yang dilakukan setiap sepuluh tahun sekali itu dilaksanakan sesuai aturan dan mekanisme internasional.

Hal itu dinyatakan Simon Sapari dalam rangkaian penandatanganan kerjasama antara Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (28/2/2020). “Kita harap semua pihak di Papua mendukung program ini,” kata Sapari.

Menurut Sapari, Sensus Penduduk 2020 di Papua akan dijalankan melalui dua tahapan. Sensus penduduk secara daring akan dilakukan pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Warga di Papua dapat secara mandiri mengisi formulir sensus penduduk itu dengan gawai atau telepon pintar.

Data yang diisi secara daring itu yang nantinya akan diverifikasi pada tahapan sensus penduduk wawancara yang akan berlangsung pada 1 – 31 Juli 2020. Pada tahapan itu, petugas sensus akan mendatangi rumah warga dari pintu ke pintu.

Sapari menyatakan pihaknya berharap semua warga di Papua akan terdata dalam Sensus Penduduk 2020, termasuk semua orang asli Papua. Simon menyatakan tidak boleh ada orang asli Papua yang tidak terdata karena alasan apapun. “Saya sebagai anak asli Papua berharap tidak boleh satu pun orang Papua yang  tidak terdata dalam sensus ini,” ujar Sapari.

Ia menyatakan Sensus Penduduk 2020 sangat penting bagi orang asli Papua, agar pemerintah bisa merancang pembangunan yang berpihak kepada kepentingan orang asli Papua. “Sensus sangat penting, karena bisa merencanakan pembangunan dengan baik, terstruktur, dan tertuju kepada siapa [yang membutuhkan],” kata Sapari.

Loading...
;

Ketua MRP, Timotius Murib menyatakan pihaknya sangat mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Papua. Ia berharap Sensus Penduduk 2020 akan menghasilkan data yang valid tentang perkembangan populasi orang asli Papua.

“Kami memberikan dukungan penuh kepada BPS melakukan sensus. MRP akan memberikan dukungan di tiap kabupaten, di lapangan, supaya [BPS] mencatat [jumlah] riil [orang asli Papua] per kabupaten dan distrik,” kata Murib usai pertemuan itu.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top