Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua-rakerda
Rapat kerja bupati/wali kota se Papua Barat di Manokwari, Rabu (4/11/2020) - Jubi/Hans Arnold Kapisa

Kepala daerah di Papua barat diminta pulihkan ekonomi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, mengajak para kepala daerah bersama Satgas Covid-19 dan satgas pemulihan ekonomi-sosial, untuk menyeimbangkan tugas dan tanggung jawab dalam pengendalian penyebaran Covid-19 dan perekonomian di masing-masing daerah.

Hal ini disampaikan Mandacan pada pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bupati/Wali Kota se Papua Barat, dalam upaya penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Manokwari, Rabu (4/11/2020).

Mandacan minta melalui rakerda tersebut bupati/wali kota serta masing-masing satgas  juga dapat meningkatkan monitoring stimulus fiskal yang telah diberikan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dalam mendongkrak perekonomian daerah serta prioritaskan belanja kesehatan yang merupakan strategi utama terkait dengan pengawasan.

“Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat bersama-sama bergandengan tangan dalam upaya menekan laju penyebaran di daerah ini. Cara terbaik yang dapat kita lakukan adalah disiplin mematuhi protokol kesehatan,” kata Mandacan.

Kesempatan tersebut Mandacan mengarahkan bupati/wali kota beserta satgas di daerah  mengoptimalkan fungsi layanan dasar kesehatan masyarakat seperti puskesmas dan posyandu.

“Warga tak harus ke rumah sakit untuk periksa Covid-19. Tapi bagaimana kepala daerah bisa mengoptimalkan pelayanan di tingkat puskesmas dan pustu, sehingga masyarakat mudah peroleh pelayanan rapid test, swab, juga dibagikan masker,” ujar Mandacan.

Sementara, Sekertaris Direktorat Bina Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Indra Gunawan, mengatakan kepala daerah harus berani bersikap dalam melakukan tes Covid-19 secara massal terhadap warganya. Dengan demikian akan memudahkan pemerintah bersama satgas dalam melakukan identifikasi dan bertindak tepat dalam penanggulangan.

Loading...
;

“Regulasi secara terpusat sudah melegalkan pemanfaatan anggaran dan juga bertindak dalam pendisiplinan protokol kesehatan, tinggal bagaimana kepala daerah membijakinya,” kata Indra dalam arahannya secara virtual di acara pembukaan rakerda bupati/wali kota se Papua Barat di Manokwari. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Scroll to Top