Follow our news chanel

Previous
Next

Kepala daerah Tabi-Saireri dukung Otsus Papua Jilid II

Papua
Seremoni pembukaan seminar Implementasi Otsus Papua di Wilayah Adat Tabi dan Saireri, Senin (24/8/2020) - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi Para kepala daerah di Tanah Tabi dan Saireri mendukung kelanjutan Otonomi Khusus atau Otsus Papua. Namun,  kebijakan yang telah berjalan selama ini harus dievaluasi secara menyeluruh terlebih dahulu.

“(Pelaksanaan) otsus harus dievaluasi dan berlanjut, tetapi (diterapkan) dengan ketentuan dan kesepakatan bersama (seluruh komponen masyarakat). Selain itu, komitmen untuk menjadikannya (otsus) sebagai bagian dari pelayanan khusus terhadap Orang Asli Papua,” kata Ketua Forum Kepala Daerah Tabi dan Saireri Mathius Awoitauw.

Awoitauw menyatakan itu pada seminar Implementasi 19 Tahun Pelaksanaan Otsus Papua di Wilayah Adat Tabi dan Saireri, di Sentani, Senin (24/8/2020). Kegiatan tersebut digelar untuk mengoreksi dan mencari solusi agar Otsus Papua di masa mendatang berjalan sesuai harapan masyarakat.

“Forum ini harus menghasilkan keputusan dan pikiran positif (solusi konkret). Itu untuk mengoreksi dan menambah bobot terhadap laporan setiap kepala daerah (dalam mengevaluasi pelaksanaan Otsus Papua),” jelas Awoitauw, yang juga Bupati Jayapura.

Tokoh adat Kabupaten Jayapura Yanto Eluay mengatakan pelaksanaan Otsus Papua wajib dievaluasi bersama, terutama di Tanah Tabi dan Saireri. Setiap kepala daerah di satu pemerintahan kota, dan tujuh kabupaten tersebut harus melaporkan implementasi Otsus Papua di wilayah masing-masing.

“Dari laporan itu, akan diketahui kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan Otsus Papua. Selama ini Otsus Papua (dinilai) belum berdampak signifikan terhadap (kesejahteraan) masyarakat Papua secara menyeluruh,” kata Eluay.

Dia juga berharap seminar selama dua hari tersebut menghasilkan kesepakatan mengenai pengevaluasian terhadap impelementasi Otsus Papua. “Dengan demikian, kita (masyarakat) dapat mengetahui arah kebijakan dan proses perjalanan 19 tahun Otsus Papua di Tabi maupun Saireri.” (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top