Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Kepala Imigrasi Jayapura menduga JF spionase asing

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Kepala Imigrasi Jayapura, Gatut Setiawan menduga, JF warga negara Polandia yang ditangkap di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, beberapa hari lalu karena diduga memiliki jaringan dengan kelompok bersenjata, merupakan spionase (mata-mata) negara lain.

"Dugaan saya kuat ke arah sana. Namun belum tentu intelijen negaranya. Bisa saja dia intelijen bayaran negara lain," kata Gatut, Kamis (30/8/2018).

Kepala Imigrasi Jayapura menduga JF spionase asing 1 i Papua

Ia menganalisis seperti itu lantaran Polandia tak punya kepentingan terhadap Indonesia.

"Kepentingan Polandia pada negara kita tak ada. Yang punya kepentingan Australia, Amerika, Inggris. Saya tarik benang merahnya," ucapnya.

Sama seperti pihak kepolisian dan TNI, Gatut juga menyatakan JF membawa amunisi. Namun ia tak mau menyebutkan berapa banyak amunisi tersebut. 

"Banyak sebenarnya amunisinya itu. Tapi saya tak bisa sebutkan. Jangan sampai masuk angin, tapi memang ada amunisi yang ditemukan," ujarnya.

Loading...
;

Ia juga yakin, JF yang masuk ke Papua, 22 Agustus 2018 melalui Skouw (perbatasan Papua-Papua Nugini) dan menggunakan visa extension itu akan diblack list, dengana alasan masalah keamanan negara. 

"Ada berapa daftar cekal seumur hidup yakni narkoba, ideologi, pemalsuan uang, dan keamanan negara. Di undang-undang kami ada itu," katanya.

Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu (29/8/2018) mengatakan, JF tak akan dideportasi ke negaranya, namun pihaknya akan melakukan penegakan hukum, karena yang bersangkutan diduga akan membawa amunisi untuk kelompok bersenjata. Namun ia belum dapat menyebutkan jumlah amunisi yang disita dari tangan JF.

"Masih didalami. Tunggu saja rilis resminya dalam waktu dekat," kata Martuani Sormin.(*) 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top