Follow our news chanel

Kepala kampung harus paham aturan APBK

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Kepala Kampung diharapkan mampu menterjemahkan dan mengikuti aturan yang telah tertuang dalam Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBK).

Kepala Distrik Yokari, Johanes Mandowalli, yang belum lama ini melantik Kepala Kampung Meukisi dan Busoryo, dalam arahannya menegaskan hal ini kepada aparat kampung untuk benar-benar dilaksanakan.

Menurutnya, dalam masa kepemimpinan kepala kampung yang tidak melaksanakan aturan sesuai dengan APBK yang ditetapkan, jalur hukum adalah proses yang akan ditempuh.

“Bapak Bupati dalam arahannya sangat jelas kepada seluruh aparat kampung dalam mendistribusikan anggaran harus berdasarkan APBK yang dimiliki. Di luar dari itu maka risiko ditanggung yang bersangkutan,” jelas Johanes Mandowalli, saat ditemui di Sentani, Senin (21/1/2019).

Dikatakan, sudah menjadi keharusan bagi semua kepala kampung untuk memahami dan mengatahui atauran tentang sistem pengelolaan anggaran di kampung.

Pengalaman sebelumnya, kata Mandowalli, bahwa ada kepala kampung di Distrik Yokari yang ditetapkan sebagai tersangka karena salah melaksanakan kewenangannya. Kendati demikian, lanjutnya, ini bukan hal yang perlu ditakutkan dalam melaksanakan sistem pemerintahan kampung.

Loading...
;

“Intinya adalah melaksanakan apa yang sudah tertuang dalam APBK, karena hal tersebut yang menjadi rel dalam mengoperasikan semua sistem keuangan kampung,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, mengatakan ada tiga sumber dana yang diturunkan langsung ke kampung, yakni Alokasi Dana Kampung (ADK) dari pemerintah kabupaten, Alokasi Dana Desa (ADD) Pemerintah Pusat, dan Prospek dari pemerintah provinsi.

“Dalam setiap penggunaan anggaran oleh pemerintah kampung, wajib hukumnya untuk membuat laporan penggunaan anggaran setiap tahapnya. Dengan demikian ada informasi yang akurat terhadap penggunaan anggaran dalam setiap tahapan penerimaan anggaran tersebut,” kata Bupati Awoitauw. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top