Follow our news chanel

Kepala kampung harus peka terhadap arus globalisasi

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan para kepala kampung harus peka terhadap perkembangan arus globalisasi.

Menurutnya, perkembangan moderen dewasa ini sudah masuk hingga ke kampung-kampung. Apabila tidak diwaspadai dengan kesiapan yang baik, akan berdampak negatif bagi masyarakatnya.

Dikatakan, selain fasilitas moderen yang digunakan tetapi arus manusia yang masuk keluar dari daerah ini juga cukup banyak. Itu berpotensi kepada perkembangan masyarakat di kampung-kampung.

“Semua masyarakat di kampung harus duduk untuk membicarakan hal ini. Kampung harus diproteksi dengan baik, jangan lagi ada masyarakat yang jual tanah atas nama masyarakat adat,” ujar Bupati Awoitauw, saat ditemui di Sentani, Jumat (25/1/2019).

Lebih lanjut Bupati Awoitauw mengatakan fasilitas komunikasi yang saat ini ada di tangan kita semua atau handphone, telah mengajak kita terlalu jauh untuk mengikuti arus dan perkembangan moderen saat ini.

“Akan lebih parah lagi ketika kepala kampung sudah berubah sikap dari sumpah dan janjinya ketika dilantik. Hal-hal ini perlu diwaspadai oleh masyarakat adat dikampung,” ujarnya.

Loading...
;

Tokoh masyarakat adat, Boaz Enok, mengatakan perkembangan moderen ini penting untuk diantisipasi, sementara pemerintahan kampung adalah bagian yang tak terpisahkan dari aparat kampung itu sendiri dengan masyarakatnya sebagai penerima manfaat.

“Biasanya hal terburuk di tengah masyarakat kampung adalah pengelolaan anggaran. Dalam pengelolaannya banyak sekali indikasi-indikasi yang tidak jelas dan sangat merugikan masyarakat. Hal ini yang harus disadari oleh para kepala kampung saat memimpin,” ungkapnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top