TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Kepulauan Salomon lakukan simulasi lockdown

Tim Respons Polisi (PRT) Kepulauan Solomon berpatroli pada malam pertama simulasi karantina wilayah di negara itu, 29 Agustus 2021. - Foto: Kepolisian Kerajaan Kepulauan Solomon

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Setidaknya 20 orang ditangkap pada malam pertama simulasi karantina wilayah atau lockdown di Honiara, ibu kota negara Kepulauan Solomon.

Simulasi karantina wilayah itu dilakukan dengan menutup akses keluar-masuk selama 36 jam. Penutupan akses ini hanya berlangsung selama dua hari lebih, mulai Minggu malam-Selasa pagi, 29-31 Agustus 2021.

Menurut polisi, sebanyak 18 dari 20 orang yang ditangkap dituduh melanggar peraturan karantina wilayah pada Minggu malam itu. Kemudian, dua orang lainnya ditangkap dituduh melakukan pelanggaran terkait minuman alkohol lokal, atau dikenal sebagai Kwaso. Beberapa pelaku juga sedang diselidiki karena melempar batu ke kendaraan polisi.

Komandan Polisi pada operasi Covid-19, Simpson Pogeava mengatakan pelemparan batu itu tidak beralasan. Karena itu, Pogeava mengatakan, pihaknya akan mengambil tindakan tegas terhadap siapa pun yang melanggar pembatasan akses keluar-masuk atau karantina wilayah tersebut.

“Saya mengimbau masyarakat umum di Honiara untuk menghormati kendaraan pemerintah yang digunakan untuk operasi karantina wilayah, dan bekerja sama dengan polisi serta lembaga pemerintah lainnya selama 36 jam pembelakuan karantina wilayah,” kata Simpson Pogeava, dilansir rnz.co.nz, Selasa (31/8/2021).

Menjelang dilakukannya simulasi pembatasan itu, muncul kekhawatiran tentang legalitas atau dasar hukum penangkapan orang tanpa ancaman Covid-19 di masyarakat, namun hal itu ditepis oleh pemerintah.

Menurut pihak polisi, diperkirakan akan ada lebih banyak penangkapan yang kemudian dilaporkan oleh polisi pada akhir hari simulasi pembatasan itu dilakukan.

Dilaporkan juga bahwa simulasi karantina wilayah itu telah merugikan pembayar pajak lokal atau para pedagang dan pengusaha lebih dari satu juta dolar Kepulauan Solomon dalam tunjangan saja. (RNZ Pasifik)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us