Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Kepulauan Solomon bebas Covid-19, Polinesia Prancis nyatakan transmisi berhenti

Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavare, berkata pencapaian negaranya sebagai bebas Covid-19 adalah bukti upaya bersama semua masyarakat Kepulauan Solomon, terutama mereka yang bekerja di garis depan. - Solomon Times
Kepulauan Solomon bebas Covid-19, Polinesia Prancis nyatakan transmisi berhenti 1 i Papua
Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavare, berkata pencapaian negaranya sebagai bebas Covid-19 adalah bukti upaya bersama semua masyarakat Kepulauan Solomon, terutama mereka yang bekerja di garis depan. – Solomon Times

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavare, telah mendesak semua warganya untuk terus waspada, meskipun negara adalah salah satu negara bebas Covid-19 di dunia.

Hasil tes akhir dari 13 kasus dugaan Covid-19 di negara itu telah ditemukan negatif, dimana dua hasil negatif terakhir yang baru kembali dari Australia adalah pada 19 April.

PM Sogavare berkata negara itu masih terus diberkati dan Kepulauan Solomon masih berstatus bebas Covid-19.

“Namun, ini tidak berarti kita boleh berpuas diri, kita harus terus berusaha dan tetap melakukan semua upaya pencegahan untuk memastikan kita tetap bebas Covid-19,” tegasnya dalam pidato Covid-19 nasionalnya pada Jumat (24/4/2020).

Sogavare menegaskan pencapaian bebas Covid-19 ini sebagai bukti semua orang bersatu terus untuk melawan virus ini, terutama mereka yang bekerja di garis depan.

“Keberanian dan komitmen mereka yang altruistis adalah bukti keberanian yang sejati – manifestasi dari patriotisme orang-orang Kepulauan Solomon,” tegas Sogavare.

Loading...
;

Sogavare juga menghargai komitmen gereja-gereja dan orang-orang Kristen di seluruh penjuru negeri itu atas doa mereka yang tidak henti-hentinya untuk meminta perlindungan dan keamanan dari Tuhan selama masa-masa sulit ini.

Per 27 April 2020, 6 negara (Kepulauan Mariana Utara, Papua Nugini, Fiji, Polinesia Prancis, Guam dan Kaledonia Baru) di Kepulauan Pasifik telah melaporkan lebih dari 250 kasus positif dan 7 pasien meninggal dunia, ini tidak termasuk kasus Covid-19 dari kapal induk militer AS USS Theodore Roosevelt yang saat ini berlabuh di Guam.

Pemerintah Kepulauan Solomon masih terus bekerja dalam hal kesiapan dan tanggapannya terhadap Covid-19 melalui pemantauan kesehatan masyarakat dan komunikasi risiko.

Kepulauan Solomon telah menutup semua perbatasannya dan sedang menerapkan Keadaan Darurat. Sanksi yang berat telah diberlakukan bagi mereka ditemukan melanggar peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Sementara itu, Polinesia Prancis yang sebelumnya, menurut RNZ Pacific, menyatakan penyebaran Covid-19 sudah berhenti, melaporkan satu kasus positif, Selasa (18/4/2020), setelah enam hari tanpa kasus baru. Pekan lalu, Menteri Kesehatan Polinesia Prancis, Jacques Reynal, berkata hasil pemeriksaan terbaru menunjukkan bahwa penyebaran telah berhenti.

Kasus pertama Polinesia Prancis terjadi pada 11 Maret, ketika seorang politisi lokal yang kembali dari Paris ditemukan positif. Sejauh ini sudah 58 orang yang ditemukan positif. Reynal berkata sejumlah larangan di Tahiti dan Moorea akan diangkat mulai dari akhir April ini, larangan di pulau-pulau terluar sudah dihentikan minggu lalu. (Solomon Times)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top