Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Kepulauan Solomon capai 42 tahun kemerdekaan

Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavare saat meresmikan The Unity Square pada hari kemerdekaan Kepulauan Solomon yang ke-42, 7 Juli 2020. - Solomon Star News/ Ian M. Kaukui

| Papua No.1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Selasa ini (7/7/2020), Kepulauan Solomon merayakan hari kemerdekaannya yang ke-42. Perdana Menteri, Manasseh Sogavare, menyampaikan pidato kemerdekaan melalui platform media sosial karena pembatasan Covid-19 yang saat ini diberlakukan di zona darurat.

“Ini merupakan perjalanan yang singkat namun penuh tantangan,” kata Perdana Menteri Manasseh Sogavare.

PM Sogavare mengingatkan bahwa generasi Kepulauan Solomon saat ini tidak boleh melupakan tantangan yang telah mereka hadapi sebagai sebuah negara, terutama ketegangan yang hampir menghancurkan negara itu. Dalam pidatonya ia meminta pemimpin-pemimpin nasional dan provinsi untuk memahami penyebab di balik perang sipil.

Sogavare juga mengungkapkan bahwa, menurut pengamatannya, mulai ada rasa puas diri dan gegabah, dan meminta orang-orang Kepulauan Solomon untuk merenungkan respons pribadi mereka terhadap isu-isu yang terjadi – apakah tanggapan mereka itu membawa perdamaian dan persatuan, atau menyebabkan perselisihan dan perpecahan.

“Ada alasan mengapa kita belajar sejarah, agar kita tidak mengulangi kesalahan di masa lalu. Saya sangat sedih ketika melihat bahwa, meski kita berupaya sebaik mungkin, kita belum juga bergerak ke depan,” kata Perdana Menteri Sogavare.

“Jika kita tidak melakukan desentralisasi, kita akan mengalami persoalan-persoalan yang jauh lebih buruk daripada apa yang terjadi pada 1998… kita tidak boleh lagi membiarkan masa depan negara ini dan anak-anak kita dinodai oleh beberapa oknum.”

Loading...
;

Sogavare juga mengatakan bahwa meskipun negara itu menghadapi banyak tantangan, dia yakin bahwa pengaturan antara Kepulauan Solomon antara dengan Australia pasca-RAMSI akan membantu menjaga keamanan dan keselamatan negara itu kedepannya.

“Apa pun yang akan terjadi, kita akan tetap teguh, kita tidak punya pilihan lain.”

Sogavare lalu menambahkan bahwa agar negara itu dapat terus maju, masyarakat di negara itu harus menjadi fokus utama dari setiap pembangunan – baik itu ekonomi, politik atau sosial. (Solomon Times Online)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top