Follow our news chanel

Previous
Next

Kesbangpol gelar konsolidasi persiapan pilkada

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Jayapura menggelar konsolidasi terkait persiapan pilkada (pemilihan kepala daerah) serentak, 15 Februari mendatang.

Kegiatan bertajuk “Forum Konsolidasi Tahap Pertama Pemerintah Kota Jayapura Bersama Penyelenggara Pemilu, Pihak Keamanan dan Stake Holder Lainnya Dalam Rangka Persiapan Pilkada Kota Jayapura Tahun 2017” itu digelar di salah satu hotel di Kota Jayapura, Rabu (25/1/2017).

Ketua panitia kegiatan, Yonas Sanadi dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dihelat untuk menciptakan situasi kondusif dan kesuksesan pelaksanaan pilkada kota pasca putusan KPU dan menindaklanjuti Surat Ketua KPU RI Nomor: 2/KPU/ I/2017 tanggal 4 Januari 2017 tentang Dukungan Pemerintah Daerah pada Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2017.

Sesuai tugas pokok dan fungsi desk pilakda, sebagaimana tersebut dalam Permendagri Nomor 9 Tahun 2005, DESK Pilkada Kota Jayapura perlu melaksanakan forum ini untuk menyatukan persepsi dalam menyukseskan pilkada.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk konsolidasi dalam rangka persiapan pelaksanaan pilkada kota tahun 2017, sekaligus memfasilitasi dalam penyebaran informasi tentang pilkada kepada masyarakat serta mengelola potensi konflik yang terjadi,” katanya.

Ia mengatakan, dengan konsolidasi tercipta keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.

Loading...
;

Penjabat Wali Kota Jayapura, Daniel Pahabol mengatakan pihaknya meluruskan informasi keliru yang beredar mengenai jabatannya.

Sebagai penjabat wali kota ia harus mengatahui sejauh mana persiapan dan tahapan-tahapan pilkada yang berlangsung.

“Dengan demikian koordinasi dengan penyelenggara pemilu selalu saya kedepankan,” katanya.

Ia pun mengajak semua pihak yang hadir agar secara jernih melihat forum itu, sebab bakal menyatukan berbagai persepsi dan pandangan tentang peraturan dan hukum yang relevan dengan tahapan pilkada.

“Saya penting momentum ini sangat penting, artinya hukum atau undang-undang adalah sistem norma-norma yang mengatur tata kehidupan berpolitik yang sehat dan membangun maayarakat,” katanya.

Netral dalam Pilkada Kota

Dalam kesempatan yang sama, Daniel Pahabol menegaskan posisi netralnya dalam penyelenggaraan Pilkada.

“Masyarakat perlu ketahui kapasitas saya bukan politikus. Saya juga bukan orang partai. Saya berdiri sebagai penjabat wali kota di wilayah kekuasaan saya untuk mengantarkan calon wali kota kedepan pintu pencoblosan,” katanya kepada Jubi.

Jika ada masalah, lanjutnya, harus ditempuh melalui jalur hukum untuk menyelesaikannya.

“Apabila saya hadiri acara BMD atau BTM itu wajar, sebab sebagai pembina harus hadir untuk memberikan motivasi kepada kedua calon wali kota tersebut. Ingat, saya tidak berafiliasi dengan kandidat saya harus mengayomi semua,” katanya.

Ia mengaku tak bermaksud memenangkan salah satu paslon tertentu, tetapi mengedepankan koordinasi.

“Tahapan pilkada, tahapan terakhir, fungsi saya menyelenggarakan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan, dan paling utama saya mendorong untuk sukseskan pilkada Kota Jayapura,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top