Follow our news chanel

Kesbangpol Tolikara bentuk FKUB, bersinergi jaga kerukunan

Kepala Badan Kesbangpol, Yosua Noakh douw (tengah) bersama umat muslim di Tolikara. - Ist
Kesbangpol Tolikara bentuk FKUB, bersinergi jaga kerukunan 1 i Papua
Kepala Badan Kesbangpol, Yosua Noakh Douw (tengah) bersama umat muslim di Tolikara. – Ist

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua, diharapkan terus terjalin untuk menghindari konflik satu sama lain dan menjaga keharmonisan antarumat di negeri suku Lani.

Oleh karena itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tolikara membentuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), sebagai mitra pemerintah setempat dalam pengawasan pengembangan sejumlah program yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tolikara.

“Kami di Tolikara belum ada FKUB, langsung bentuk sekalian susun strukturnya. Juga FKDM, dalam dua wadah ini dihuni oleh semua lintas sektor keagamaan untuk menjaga kerukunan dan keharmonisan di antara umat beragama,” ujar Kepala Badan Kesbangpol Tolikara, Yosua Noakh Douw kepada Jubi, Sabtu (23/11/2019).

Yosua mengatakan, antara pihaknya, FKUB dan FKDM terus menjalin komunikasi aktif dan bersinergi untuk mencegah terjadinya pertengkaran dan kekerasan di kalangan umat beragama

Ia mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk menghindari paham-paham terorisme, dan selalu menjaga kerukunan serta komunikasi antarmasyarakat tanpa membedakan suku dan agama.

“Sering kali perbedaan agama dan kepercayaan itu dijadikan alat pemecah persatuan dan kerukunan umat oleh kelompok-kelompok tertentu. Tapi kami mau dengan terbentuknya FKUB di Tolikara tetap damai, aman dan nyaman,” ujarnya.

Loading...
;

Ketua FKUB Tolikara, Pdt. Marten Jingga mengatakan, terbentuknya FKUB dalam rangka terbinanya suasana yang kondusif antarumat beragama, didukung kerja sama harmonis antarmasyarakat yang adil dan makmur.

“FKUB sebagai mitra terdepan pemerintah dalam membangun kerukunan umat beragama, dengan tujuan memelihara dan mengembangkan kerukunan umat beragama, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Tolikara,” kata Jingga.

Untuk ke depan, kata dia, pihaknya siap menyalurkan aspirasi ormas keagamaan dan masyarakat, dalam bentuk rekomendasi sebagai bahan kebijakan Bupati Usman G. Wanimbo. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top