HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Keselamatan orang Papua dari Covid-19 tanggung jawab bersama

papua covid-19
Ilustrasi - Jubi/Pixabay
papua covid-19
Ilustrasi – Jubi/Pixabay

Oleh: Yermias Delka

VIRUS korona yang dikenal dengan Covid-19 pertama kali muncul di kota Wuhan, Cina pada akhir 2019 dan pada awal 2020 menyebar ke seluruh dunia hingga kini.

Perkembangan virus ini sampai kini menjadi problem mematikan dalam menghancurkan eksistensi manusia di seluruh dunia.

Keselamatan orang Papua dari Covid-19 tanggung jawab bersama 1 i Papua

Nyawa manusia menjadi objek pertama dari penyebaran virus ini, sehingga dengan cepat melalui jaringan interaksi sosial antarmanusia hingga di Tanah Papua. Kini orang Papua sedang terinfeksi dan menghadapi bahaya virus korona.

Untuk menyelamatkan manusia Papua dari serangan Covid-19 merupakan tanggung jawab semua orang yang hidup di Tanah Papua.

Perkembangan Covid-19 di Tanah Papua paling cepat seperti yang kita konsumsi setiap hari di media sosial atau online maupun surat kabar dalam pelaporan penambahan pasien Covid-19.

Tanpa sadar atau tidak, virus ini sedang mengancam seluruh kehidupan orang Papua. Pasien positif terus bertambah di beberapa kabupaten dan hingga kini Papua menjadi lahan subur untuk penyebaran virus ini.

Sadar bahwa Covid-19 menjadi pandemi yang patut diwaspadai setiap orang dengan membangkitkan kesadaran dalam diri setiap orang Papua. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab dan upaya kita untuk menyelamatkan diri dan sesama, serta memutus mata rantai virus korona di Tanah Papua.

Loading...
;

Peran kita bersama untuk memerangi penyebaran virus ini merupakan suatu bentuk tanggung jawab. Tanggung jawab adalah berbuat sesuatu sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.

Tujuan dari tanggung jawab membantu kita untuk bertanggung jawab dalam suatu hal atau kegiatan.

Pencegahan atas penyebaran virus corona bukan tanggung jawab orang lain, tetapi setiap orang dengan mengutamakan sikap kepekaan. Misalnya tanggung jawab kita setiap hari dalam menjaga diri agar tidak terinfeksi virus merupakan satu hal yang fundamental. Di antarnya dengan mencuci tangan, berjemur, dan menjaga jarak.

Dengan demikian, kewajiban kita untuk siap menyelamatkan diri dan orang lain dari wabah ini terealisasi. Sebab tanpa tanggung jawab dalam menghadapi pandemi ini pasti tidak memutus mata rantai, malah menambah kasus.

Masalah Covid-19 bukanlah masalah sepihak, tetapi merupakan masalah bersama. Setiap orang dibebankan tanggung jawab untuk menjaga dirinya sendiri dan menjaga orang lain.

Masalah penyebaran virus korona yang semakin hari semakin bertambah ini merupakan suatu problem yang patut diwaspadai setiap orang demi keselamatan bersama di Tanah Papua.

Dalam hal ini pemerintah pun wajib melindungi masyarakat dari wabah ini. Tanggung jawab pemerintah adalah siap mengorbankan diri demi masyarakat dengan berbagai cara, yakni memberikan bahan makanan (bama), membagi alat pencegahan seperti masker, sosialisasi, pembatasan aktivitas, dan menjaga psikologi rakyat.

Pemerintah harus menjadi mediator yang baik dan selalu mengarahkan semua orang pada puncak pencegahan virus dan dengan tegas mendisiplinkan masyarakat agar tetap menjaga diri.

Pemerintah juga harus merangkul masyarakat agar berpartisipasi dan bekerja sama dalam menghadapi pandemi ini.

Semua orang harus mengantisipasi penyebaran virus korona dengan mengikuti setiap anjuran pemerintah dan dinas kesehatan.

Pada prinsipnya semua orang sadar untuk menjaga diri dan memiliki sikap inisiatif untuk menjaga diri dan sesama dari virus mematikan ini.

Masyarakat dan pemerintah menjadi mitra kerja untuk bertanggung jawab terhadap masalah pencegahan virus korona. Salah satu bentuk tanggung jawab kita adalah tetap di rumah dan mengikuti prinsip-prinsip kesehatan.

Semua orang diharapkan bertanggung jawab untuk melindungi diri dari penyebaran virus ini.

Jika semua orang bertanggung jawab untuk mencegah penyebaran virus pasti akan memutus mata rantai penyebaran. Juga yang paling dibutuhkan adalah kedisiplinan, kejujuran, dan empati terhadap sesama demi keselamatan bersama.

Akhirnya pencegahan Covid-19 merupakan bukan sebuah tanggung jawab sepihak, melainkan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat.

Hanya dengan kerja sama dan tanggung jawab kita selamatkan kehidupan dari bahaya virus korona di Tanah Papua. (*)

Penulis adalah mahasiswa STFT Fajar Timur Abepura, Papua dan Anggota Aplim Apom Research Group (AARG)

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa