Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Ketika sampah kali Acai dibersihkan

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

BAU limbah dan sampah-sampah plastik yang menyengat hidung seolah-olah tidak dihiraukan warga pinggiran Kali Acai, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Berbeda dengan dengan warga lainnya yang melintasi kawasan ini. Mereka selalu memakai masker jika melewati kali Acai.

Ketika sampah kali Acai dibersihkan 1 i Papua

Seorang petugas kebersihan kali Acai ketika ditemui Jubi mengatakan kesadaran masyarakat masih minim.

"Sampah rumah tangga seharusnya mereka simpan dalam karung dan tunggu petugas datang untuk mengangkutnya bukan langsung membuang ke kali sehingga membuat kali terlihat kotor," ujarnya, sambil mengangkat sampah botol plastik.

Lanjutnya, setiap kelurahan atau RT/RW harus mempunyai program untuk warganya tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan kerja bakti di hari-hari tertentu. 

"Harus melakukan pendampingan dan pengawasan, dengan membuat tempat sampah, membersihkan kali karena menjaga kebersihan kota itu tugas kita bersama bukan hanya petugas kebersihan," katanya. 

Loading...
;

Irma Dabi, warga kompleks Pasar Lama Abepura, mengatakan tidak hanya itu limbah sampah dari pabrik tahu yang ada di pingiran kali Acai mengeluarkan bau sehingga mengganggu lingkungan.

"Limbah sampah pabrik tahu ini juga ketika ke muara akan merusak ekosistem dan habitat laut, kalau tidak percaya jalan di dekat dermaga Youtefa lalu lihat warga lautnya seperti apa dan kondisi tumbuhan di situ subur atau tidak," katanya. 

Harap Irma, semoga ke depan ada kesadaran dari warga untuk menjaga kebersihan lingkungan di dukung oleh dinas kebersihan kota, Pemkot dan dinas terkait lainnya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top