Follow our news chanel

Ketokohan Theys Eluay layak diabadikan sebagai nama bandara

Papua
Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi Theys Hiyo Eluay dalam pandangan Bupati Mathius Awoitauw merupakan seorang tokoh karismatik. Sosoknya sangat dihormati oleh semua kalangan di Papua.

“Ketokohannya patut menjadi contoh (generasi penerus). Jadi, sudah sewajarnya namanya disematkan sebagai nama bandara,” kata Bupati Awoitauw, Kamis (22/10/2020).

Theys merupakan pejuang dan mantan Ketua Presidum Dewan Papua. Dia diculik tentara dan ditemukan tewas di Muara Tami, Kota Jayapura pada 10 November 2001. Nama Theys Hiyo Eluay akan diabadikan sebagai pengganti nama Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura.

Seperti penggantian nama Stadion Papua Bangkit menjadi Stadion Lukas Enembe, penggantian nama Bandara Sentani juga menuai polemik. Ada yang setuju dan mendukung, tetapi ada pula yang menolaknya.

“Keberadaan bandara harus benar-benar bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Kalau terus meributkan soal namanya, kapan masyarakat bisa merasakan manfaat keberadaan bandara,” kata Awoitauw.

Dia melanjutkan pemerintah setempat telah berulang kali mendesak PT Angkasa Pura 1 selaku pengelola Bandara Sentani memberdayakan warga lokal. Mereka sepatutnya direkrut sebagai petugas pelayanan di bandara utama di Papua tersebut.

“Bandara Sentani akan terlihat indah (memiliki ciri khas) ketika petugasnya berkulit hitam dan berambut keriting (Orang Asli Papua). Itu akan menimbulkan kesan bagi pengunjung bahwa mereka sedang berada di Papua,” jelas Awoitauw.

Loading...
;

Sementara itu, Soleman Ohee, pemilik hak ulayat lahan mengaku tetap mendukung penyematan nama Lukas Enembe untuk Stadion Papua Bangkit. Mereka bahkan pernah mengusulkan pembangunan patung Enembe di lingkungan stadion sebagai bentuk penghormatan kepada Gubernur Papua tersebut.

“Kami pernah mengusulkannya dalam rapat (bersama Pemerintah Provinsi Papua), tetapi yang disetujui hanya penamaan stadion. Namun, kami tetap mendukung apa pun keputusan pemerintah selama itu bermanfaat bagi banyak orang,” kata Ohee. (*)

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top