TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Ketua DPR sesalkan anggota yang sering bolos sidang

Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo saat berdiskusi dengan Sekretaris Dewan 9 Sekwan. -Jubi/Engel Wally

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani,Jubi – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo merasa kesal dengan tindakan sejumlah anggotanya yang tidak menghormati setiap proses sidang dewan.

Klemens Hamo mengatakan, anggotanya sering tidak mengindahkan seluruh jadwal sidang yang telah ditetapkan, selain itu dalam proses tahapan sidang berlangsung ke tahapan berikutnya, anggota sering bolos dan tidak mengikuti sidang sampai selesai.

“Saya kesal dengan perilaku anggota saya yang sering kali tidak hadir bahkan bolos saat sidang berlangsung. Untuk memenuhi kuarom susah, dan itu harus dipaksa-paksa baru bisa masuk ruang sidang,” ujar Klemens Hamo di Kantornya, Rabu ( 15/9/2021).

Dikatakan, perilaku yang ditunjukkan dalam setiap agenda kegiatan sidang dewan sangat merugikan waktu serta tanggung jawab, yang telah diberikan oleh ribuan masyarakat di Kabupaten Jayapura. Padahal, ada yang diterima setiap bulan dari kerja-kerja seluruh anggota dewan di gedung yang terhormat ini.

Hamo juga mengatakan, agenda sidang dewan sangat penting bagi semua proses pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, hal ini berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara, juga sebagai pelayan masyarakat.

“Dalam sidang dewan, hal-hal penting yang selalu dibahas, dirembuk dan diputuskan dan semuanya adalah kepentingan rakyat di Kabupaten Jayapura. Lalu bagaimana dengan perilaku anggota yang sering bolos dan selalu dipaksa untuk mengikuti sidang dewan? Apa jawaban kepada konstituen kita ketika menghadapi masa kunjungan kerja dan reses?” jelasnya.

Dirinya berharap, dalam waktu-waktu ke depan perilaku seperti ini harus diubah dan setiap anggota harus mengambil komitemen secara pribadi, untuk fokus dan serius dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai wakil rakyat.

“Untuk mencapai titik di mana kita dipercaya oleh orang lain sangat susah. Sekarang sudah diberikan kepercayaan sebagai wakil rakyat, harus dijaga dan melaksanakan apa yang harus dikerjakan sebagai tugas dan fungsi dewan selama lima tahun ke depan,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro yang sering mengikuti sidang dewan di ruang sidang DPR Kabupaten Jayapura mengaku hal yang sama, bahwa untuk menentukan kuarom sebuah sidang dewan sangat susah, karena banyak anggota dewan yang sering tidak mengikuti tahapan sidang.

“Masuk atau tidak itu hak mereka (dewan), tetapi tata tertib dalam sebuah persidangan telah disepakati oleh 25 anggota dewan saat ini. Terpaksa, kita harus menunggu sampai forum mencapai kuorum artinya setengah plus satu baru sidang dilaksanakan,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us