HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Ketua DPRD Merauke minta Pemkab bebaskan biaya rapid test Covid-19 untuk OAP

Ketua DPRD Merauke Papua
Ketua DPRD Merauke, Benjamin Latumahina. – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Merauke, Benjamin Latumahina meminta Pemerintah Kabupaten Merauke membuat kebijakan untuk membebaskan biaya tes cepat atau rapid test Covid-19 bagi orang asli Papua. Hal itu disampaikan Latumahina di Merauke, Papua, pada Kamis (9/7/2020).

Benjamin Latumahina menyatakan tidak semua orang asli Papua (OAP) yang hendak melakukan perjalanan keluar Merauke mampu membayar biaya tes cepat Covid-19. “Kita sudah mendapatkan instruksi dari Menteri Kesehatan, kalau biaya rapid test Rp 150.000/orang. Namun, khusus orang asli Papua, agar ada pertimbangan khusus [untuk] dibebaskan dari biaya. [Kebijakan itu terutama dibutuhkan mereka yang tidak mampu,” kata Latumahina.

Latumahina menyatakan hingga kini belum ada kebijakan Bupati Merauke, Frederikus Gebze untuk membebaskan biaya tes cepat Covid-19. Ia berharap Pemerintah Kabupaten Merauke dapat mempertimbangkan kemungkinan untuk menerapkan kebijakan itu.

Baca juga: Dana penanggulangan Covid-19 hemat 50% di Merauke

Latumahina juga menyampaikan apresiasi dari Menteri Kesehatan kepada para tenaga medis di Merauke yang telah berhasil menyembuhkan 16 pasien Covid-19. Ia mengingatkan warga Merauke untuk tidak lengah, dan terus menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Latumahina meminta warga Merauke tetap waspada, mengingat dalam sepekan terakhir ada dua pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr Nevil Muskita mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan salah satu ruangan di Kantor Bupati Merauke sebagai tempat tes cepat Covid-19 bagi warga yang hendak melakukan perjalanan keluar Merauke. “Memang aturannya demikian. Siapapun yang hendak naik pesawat bepergian ke daerah lain, harus menjalani rapid test dahulu,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top