Follow our news chanel

Previous
Next

Ketua KPK sebut Pilkada 2020 rawan suap

pilkada, papua, pegaf, pegunungan arfak
ilustrasi Pilkada Serentak 2020 – Jubi/fin.co.id

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri mengatakan suap-menyuap mengintai Pilkada 2020. Ia mengingatkan agar penyelenggara negara, aparatur sipil negara maupun peserta Pemilihan Kepala Daerah 2020 tidak menerima atau memberi suap.

“Awas, suap-menyuap mengintai penyelenggara negara, aparatur pemerintah (PNS) dan peserta Pilkada 2020,” kata Firli, Rabu, (9/9/2020).

Baca juga : Sekretaris KPU Papua Barat akui berikan 500 juta pada komisioner KPU 

Jangan gunakan isu agama dan etnis pada pertarungan Pilkada

Posisi media massa menjelang Pilkada 2020 di Tanah Papua 

Firli mengatakan KPK sudah memberikan sosialisasi ke penyelenggara Pemilu dan Bawaslu, serta partai politik agar tidak melanggar kaidah pemberantasan korupsi. “Salah satu kaidah itu adalah suap-menyuap yang sering terjadi,”kata Firli menambahkan.

Loading...
;

Dia mengatakan penyelenggara Pemilu di pusat maupun daerah sangat rentan disuap oleh peserta pemilu yang kedapatan melanggar aturan kampanye.

Sedangkan kasus suap adalah perkara korupsi yang paling banyak ditangani KPK. Fiirli menyebut ketika menjadi Deputi Penindakan KPK pada 2018, lembaganya melakukan Operasi Tangkap Tangan sebanyak 30 kali dengan 122 tersangka dan 22 kepala daerah.

Di samping tindak pidana korupsi berupa suap-menyuap, hal lain yang rentan terjadi dalam tahapan pilkada adalah gratifikasi. Untuk itu, kata dia, KPK menyediakan pelaporan gratifikasi secara daring. “Selain akses-akses tersebut, pelaporan juga bisa juga dilakukan melalui Unit Pengendalian Gratifikasi di instansi masing-masing, kemudian akan diteruskan kepada KPK,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top