Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Ketua Tim Pemekaran Kabupaten Muyu: Sudah 30 tahun saya berjuang

Ketua Tim Pemekaran Kabupaten Muyu, Martinus Torip, saat memberikan keterangan pers – Jubi/Frans L Kobun
Ketua Tim Pemekaran Kabupaten Muyu: Sudah 30 tahun saya berjuang 1 i Papua
Ketua Tim Pemekaran Kabupaten Muyu, Martinus Torip, saat memberikan keterangan pers – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Ketua Tim Pemekaran Kabupaten Muyu, Martinus Torip, mengaku kurang lebih 30 tahun dirinya bersama sejumlah orang bekerja ekstra memperjuangkan agar Muyu menjadi daerah otonom, terpisah dari kabupaten induk Boven Digoel.

“Suka dukanya terlalu banyak. Uang telah banyak dihabiskan. Bahkan ada anggota tim yang meninggal dunia ketika sedang berjuang untuk pemekaran Kabupaten Muyu,” ujar Torip, kepada sejumlah wartawan, Senin (11/3/2019).

Ketua Tim Pemekaran Kabupaten Muyu: Sudah 30 tahun saya berjuang 2 i Papua

Ditegaskan, berbicara tentang pemekaran daerah otonom baru (DOB), terlalu banyak tarik menarik hanya karena kepentingan politik. Para pengambil kebijakan, baik di tingkat pusat sampai daerah, memanfaatkan pemekaran saat kampanye.

Lalu, katanya, setelah terpilih, apa yang digaungkan tak pernah direalisasikan.

“Saya sangat kecewa dengan kampanye yang hanya untuk mendulang suara. Setelah itu dianggap angin lalu dan tak diperjuangkan,” tegasnya.

Khusus di Papua, tidak ada alasan lain untuk menunda pemekaran wilayah. Sejumlah daerah perlu dimekarkan agar pelayanan kepada masyarakat berjalan lebih baik.

Loading...
;

“Kita lihat saja sekarang, sejumlah kampung dan distrik di wilayah selatan Papua tak bisa dikunjungi bupati. Karena topografi daerah sangat sulit. Nah, ketika sejumlah daerah dimekarkan termasuk Muyu, tentunya pelayanan akan jauh lebih cepat,” katanya.

Ditambahkan, pihaknya baru mendapat surat yang dikeluarkan Komisi I DPR RI dengan mengundang 100 perwakilan untuk mengikuti pertemuan di Senayan, berkaitan dengan percepatan pembentukan DOB yang dikemas dalam konsolidasi kebangsaan.

“Memang pertemuan dilangsungkan hari ini tanggal 11 Maret 2019. Saya juga akan berangkat mengikuti pertemuan, sekaligus mendengar secara langsung,” ujarnya.

Khusus di wilayah selatan Papua, lanjut dia, ada empat daerah akan dimekarkan yakni Kabupaten Muyu, Kota Merauke, Atmi Korbay, serta Kabupaten Muara Digul.

Seorang warga Merauke, Ismail Murumery, mengaku sudah saatnya sejumlah daerah di selatan Papua dimekarkan sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan lebih baik.

“Memang sudah saatnya sejumlah daerah di selatan Papua dimekarkan. Karena itu juga merupakan harapan dan kerinduan masyarakat,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top