Kim Jong-un uji coba senjata taktis baru

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jakarta, Jubi – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dikabarkan mengunjungi tempat uji coba senjata taktis baru. Kehadiranya itu merupakan iinspeksi lapangan pertamanya sejak tahun lalu. Meski tak disebutkan jenis senjata itu, namun senjata tersebut adalah jenis pertahanan baru yang dikembangkan dengan cepat.

Kim menyebutkan senjata baru justifikasi dari kebijakan partai yang berfokus pada ilmu pengetahuan dan teknologi pertahanan.

“Sebuah tampilan lain dari kemampuan pertahanan kami yang berkembang pesat ke seluruh wilayah dan perubahan yang penting untuk memperkuat peralatan tempur negara kami," kata Kim, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (16/11/2018).

Dalam sebuah foto dirilis media pemerintah KCNA, tampak Kim sedang berdiri di pesisir pantai dikelilingi oleh orang-orang berseragam militer. Namun, senjata yang dimaksud tidak tampak dalam foto tersebut.

"Uji coba berhasil dan senjata ini bisa melindungi Korea Utara layaknya dinding baja," tulis kantor berita KCNA.

Uji coba persenjataan baru ini dilakukan saat meningkat  ketegangan antara Korea Utara dan Amerika Serikat seputar denuklirisasi. Tes senjata ini juga disebut-sebut sebagai tanggapan terhadap latihan militer gabungan yang dilakukan AS dan Korea Selatan beberapa waktu lalu.

Loading...
;

Namun, wakil pemimpin dari Institut Asan untuk studi kebijakan di Seoul, Choi Kang, mengatakan uji coba senjata ini bukan untuk memancing pergolakan diplomatik di kawasan tetapi lebih cenderung untuk meyakinkan Korut tentang kemampuan militernya.

"Korut berusaha menunjukkan kepada pasukan tentaranya bahwa kekuatan mereka berteknologi tinggi sambil menghilangkan ketidakpuasan dan kekhawatiran terhadap militernya," kata Choi. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top