Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kirab api PON XX tapak tilas peradaban Injil

Stadion Papua Bangkit, pusat penyelenggaraan PON XX di Papua, Oktober 2020 – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 bakal menempuh jalur tapak tilas penyebaran injil di Kabupaten Jayapura. Api akan diarak di jalanan maupun kawasan perairan di Danau Sentani.

Api PON 2020 juga akan menginap selama tiga malam di Kabupaten Jayapura. Lokasi persemayamannya di Genyem dan Ifar Besar.

“Api PON diarak dari Genyem, Borowai, Kwadewar, Ifar Besar, Asei Pulau dan Khalkota hingga finis di stadion utama (Papua Bangkit). Api PON akan bermalam di Genyem dan Kampung Ifar Besar,” kata Bidang Kirab dan Upacara PON XX Hanok Puraro, Selasa (14/1/2020).

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menegaskan penyelenggara PON 2020 harus melibatkan masyarakat setempat. Apalagi, penyelenggaraannya bertepatan dengan pergelaran Festival Danau Sentani (FDS) XII.

“PON sudah pasti dilaksanakan di sini (Kabupaten Jayapura) dan bersamaan dengan FDS. Oleh sebab itu, masyarakat lokal harus dilibatkan, dari petugas parkir, keamanan, kebersihan, hingga penjualan kerajinan tangan dan aksesoris lainnya,” kata Bupati Awoitauw.

Awoitauw  menyebut bakal ada panggung hiburan rakyat selama penyelenggaran PON XX dan FDS XII. Pembangunannya sudah harus disiapkan sejak sekarang, termasuk potensi efek keekonomian terhadap masyarakat.

Loading...
;

Dia berharap ada aktivitas ekonomi yang dikelola masyarakat di sepanjang Khalkote di Kawasan Danau Sentani hingga Stadion Papua Bangkit, yang menjadi pusat penyelenggaraan PON. Kesiapan itu paling tidak sudah tergambar pada Juni atau Juli.

“Ada dua panggung hiburan yang harus dibangun, termasuk di wilayah Sentani Kota. Dinas Komunikasi dan Informatika akan berkoordinasi dengan Polres Jayapura untuk penempatan CCTV (kamera pemantau) di setiap titik (lokasi penyelenggaraaan) PON maupun FDS. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top