Follow our news chanel

Previous
Next

KKP Wilayah Nabire awasi penumpang yang turun di Nabire

Ilustrasi, virus Corona - Jubi/Tirto.ID
KKP Wilayah Nabire awasi penumpang yang turun di Nabire 1 i Papua
Ilustrasi, virus Corona – Jubi/Tirto.ID

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP Kelas III Biak Wilayah
Nabire mulai bersiaga untuk menghadapi wabah virus Corona dengan mengaktifkan alat pendeteksi suhu tubuh para penumpang pesawat atau kapal laut di Nabire. Alat itu akan mampu mengenali penumpang yang mengalami demam atau bersuhu tubuh di atas normal, sehingga mereka dapat diperiksa kesehatannya.

Staf KKP Kelas III Biak Wilayah Nabire, Ahmad F Idris menjelaskan KKP wilayah Nabire terus melakukan pencegahan masuknya orang yang terinfeksi virus Corona ke Nabire. Menurut Ahmad, pihaknya menaruh pemindai suhu tubuh para penumpang pesawat atau kapal laut yang turun di Nabire. “Untuk sementara waktu, kita hanya punya dua alat,” kata Ahmad.

Ia menjelaskan pihaknya juga memerika para Warga Negara Asing yang hendak memasuki Nabire. “Namun, perlu dilihat riwayat perjalanannya, apakah sudah lama di Indonesia, atau baru datang dari luar negeri. Jadi, walaupun dia WNA, tapi sudah lama berdiam di Indonesia, mungkin tidak terlalu di periksa,” jelas Ahmad.

Ahmad menjelaskan kebanyakan WNA dari China menggunakan pesawat udara dan tiba di Papua melalui Bandara Moses Kilangin di Timika. Menurutnya, setiap WNA yang mendarat di Timika telah menjalani pemeriksaan kesehatan di sana. “Kalau [WNA yang tiba dengan pesawat] di bandara kota tidak terlalu repot, sebab sudah periksa di Timika,” katanya.

Situasi berbeda terjadi di pelabuhan laut di Nabire. Ahmad mengakui pihaknya kewalahan menyigi kesehatan para penumpang kapal laut yang turun di Nabire, karena jumlah penumpang kapal laut sangat banyak. Menurut Ahmad, pihaknya terus menjalin kerjasama dengan pihak keamanan dan otoritas pelabuhan untuk membantu pengawasan para penumpang yang turun dari kapal laut.

“Apabila dalam pengawasan terdapat gejala–gejala virus Corona, [kami] akan langsung berkoordinasi dengan RS atau Dinas Kesehatan untuk penanganan lebih lanjut,” kata Ahmad.

Loading...
;

Secara terpisah Kepala Bidang Pengendalian dan Pecegahan Penyakit Dinas Kesehatan Nabire, dr Frans Sayori mengingatkan KKP Wilayah Nabire agar segera memberi tahu jika ada penumpang pesawat atau kapal laut yang mengalami gejala terinfeksi virus Corona. “Kalau ada yang dicurigai, kami harap langsung melaporkan, agar dilakukan penanganan lebih lanjut,” tandas Sayori.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top