Follow our news chanel

Klarifikasi pemberitaan suku Mapia

Tokoh adat Mapia, Tobias Bunapa, ketika memberikan gelar adat kepada kepala masyarakat adat Tota Mapiha, sub suku Mee, Fabianus Tebai, pada pengukuhan pimpinan adat Tota  Mapiha, Sabtu (8/1/2020) – Jubi/Titus Ruban
Klarifikasi pemberitaan suku Mapia 1 i Papua
Tokoh adat Mapia, Tobias Bunapa, ketika memberikan gelar adat kepada kepala masyarakat adat Tota Mapiha, sub suku Mee, Fabianus Tebai, pada pengukuhan pimpinan adat Tota  Mapiha, Sabtu (8/1/2020) – Jubi/Titus Ruban

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Tokoh pemuda Tota Mapiha (Mapia), Yermias Degei, mengatakan pihaknya ingin mengklarifikasi tentang pemberitaan di Jubi.co.id tentang dua berita yang di-publish pada Kamis (8/1/2020) silam. Dua berita tersebut dengan judul ‘Suku Mapia gelar Natal
bersama’ dan ‘Pengukuhan Kepala Suku Besar Mapia, Fabianus Tebai: Kami
Punya Adat, Sarjana, Para Imam dan Pendeta’.

“Kami klarifikasi dua berita itu. Di sana tertulis Suku Mapiha. Namun yang sebenarnya adalah masyarakat Tota Mapiha, sub suku Mee, bukan suku Mapia,” ujar Yermias Degei di Nabire. Jumat (7/2/2020).

Untuk itu, dirinya selaku ketua panitia perayaan Natal dan lepas sambut kala itu, memohon maaf kepada semua pihak yang merasa terganggu dan dirugikan dengan pemberitaan tersebut.

“Kami memohon maaf atas kekeliruan ini, baik dalam penulisan beritanya maupun pengucapan kala itu,” tutur Degei.

Sementara itu, Kepala masyarakat adat Tota Mapiha, sub suku Mee, Fabianus Tebai, meminta agar kekeliruan penulisan tersebut jangan dipelintir dan ditanggapi berlebihan. Bagi Fabianus, ada banyak persoalan yang perlu diselesaikan dalam masyarakat Tota Mapiha ketimbang mempolitisir penulisan kata ‘Suku Mapia’.

“Mari kita saling memaafkan dan (masalah) ini jangan terlalu ditanggapi berlebihan, sebab banyak persoalan lain yang perlu kita sama-sama kerjakan yaitu bagaimana memajukan masyarakat Tota Mapiha,” ujar Tebai.

Loading...
;

Sebelumnya, dalam pemberitaan Jubi.co.id pada Kamis (8/1/2020), masyarakat Mapia akhirnya memiliki satu kepala Suku Besar. Mapia terdiri dari Distrik Mapia, Mapia Tengah, Mapia Barat, Piyaiye, Sukikai Selatan di Kabupaten Dogiyai. Sedangkan di Kabupaten Nabire, wilayah Mapia terdiri atas Distrik Siriwo, Yaro, Menou, Dipa, Topo, Wanggar dan Distrik Nabire.

Pengukuhan Fabianus Tebai sebagai kepala Suku Besar Mapia digelar di sela-sela rangkaian perayaan Natal tahun 2019 dan tahun baru 2020 di Graha Bethesda Nabire, Kamis (8/1/2020). (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top