Follow our news chanel

Previous
Next

Klaster resepsi pernikahan di AS tewaskan tujuh orang dan ratusan positif Covid-19

papua, pilkada, covid 19
Ilustrasi pandemi Covid-19 - Pexels.com.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Tujuh orang tewas dan 177 lainya terinfeksi Covid-19 akibat tertular dari klaster sebuah resepsi pernikahan yang diadakan di sebuah penginapan di wilayah pedesaan negara bagian Maine, Amerika Serikat. Pesta pernikahan diketahui berlangsung pada awal Agustus lalu dan melanggar peraturan otoritas setempat soal pelaksanaan kegiatan di tengah pandemi.

Baca juga : Reli motor di Amerika diperkirakan memunculkan 266 ribu kasus Covid-19 

Buku karya jurnalis ini jelaskan Trump sengaja rahasiakan penyebaran Covid-19 

AS dan Israel menolak kesepakatan resolusi penanganan Covid-19 PBB

Salah satu peraturan pembatasan sosial yang diterapkan adalah sebuah pertemuan atau pesta hanya boleh melaksanakan kegiatan dengan melibatkan maksimal 50 orang. Sementara saat itu tercatat ada 65 orang yang hadir dalam pernikahan tersebut.

Setelah acara pemberkatan pengantin di sebuah gereja, resepsi pernikahan berlangsung di tempat penginapan Big Moose Inn. Lokasinya berada tidak jauh dari kota dengan pemandangan indah, Milinocket, yang berpenduduk sekitar 4 ribu orang.

Loading...
;

Setelah kabar soal pernikahan menjadi klaster corona, pemerintah Milinocket langsung menutup perbatasan. “Ketika kami mendengar tentang wabah…semua orang benar-benar kaget.” kata Kepala Dewan Kota Milinocket, Cody McEwen,  Jumat (18/9/2020) kemarin.

Ia mengaku langsung menutup kota, sedangkan beberapa warga marah pada penyelenggara acara yang telah melanggar peraturan.

Sepuluh hari setelah upacara dilangsungkan, sekitar 24 orang yang hadir tiba-tiba mengalami gejala corona dan akhirnya dinyatakan positif. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Maine pun mulai membuka penyelidikan.

Direktur CDC Maine, Nirav Shah, mengungkap bahwa ada tujuh orang yang telah terinfeksi corona dari klaster pernikahan itu meninggal. Meski ketujuh orang itu tidak menghadiri acara pernikahan, berdasarkan pelacakan kontak yang telah dilakukan, mereka berhubungan dengan orang-orang yang telah terinfeksi dalam resepsi pernikahan itu.

Nirav juga menemukan bahwa ada 80 kasus terkonfirmasi positif lainnya di sebuah penjara yang jauhnya 230 mil (370 kilometer), salah satu penjaga penjara menghadiri resepsi tersebut.

Kemungkinan 10 kasus lainnya berada di sebuah gereja di daerah yang sama. Selain itu ada 39 kasus infeksi dan enam kematian di sebuah panti jompo yang berjarak sekitar 100 mil dari Millinocket.

Amerika Serikat adalah negara dengan jumlah infeksi corona paling tinggi di dunia. Melansir situs Worldometer yang diakses Jumat (18/9) pukul 14.45 tercatat ada 6,8 juta orang yang telah terinfeksi. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top