TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Klemen Tinal minta Komisi I DPR RI dorong pembentukan polres dan kodim baru

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal foto bersama anggota komisi I DPR RI. - Jubi/Alex
Klemen Tinal minta Komisi I DPR RI dorong pembentukan polres dan kodim baru 1 i Papua
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal foto bersama anggota komisi I DPR RI. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, meminta Komisi I DPR RI yang membidangi pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, dan intelijen mendorong pembentukan kepolisian resor atau polres serta komando distrik militer  atau kodim di semua kabupaten di Papua. Tinal menyatakan hal itu penting untuk meningkatkan keamanan di Nduga, Deiyai, Dogiyai, dan beberapa wilayah lain di Papua.

“Kita lihat saja kasus Nduga, sampai saat ini masyarakat masih mengungsi karena takut. Sementara yang ada di sana hanya pos polisi. Bagaimana mungkin 10 orang bisa menangani masyarakat satu kabupaten yang karakteristik dan adat isitiadat berbeda,” kata Tinal saat rapat bersama Komisi I DPR RI di Jayapura, Jumat (8/11/2019).

Ia katakan, kalau ikuti aturan undang-undang yang berlaku mungkin tidak bisa, tapi dalam konteks Papua yang ada otonomi khusus. “Jadi silahkan Komisi I setelah dari sini bicarakan ini bersama Kapolri dan pihak yang berkompeten dalam keamanan membahas usulan ini,” ujarnya.

“Mitra pemerintah adalah TNI/Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat. Bagaimana pemerintah bisa berjalan baik jika tidak ada pengawalan. Jadi kalau melihat Papua harus secara keseluruhan, jangan setengah-setengah,” sambungnya.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw pembentukan lima polres di Papua sudah disetujui pemerintah. Sejumlah lima polres  yang akan dibentuk pada 2020 adalah Polres Yalimo, Nduga, Puncak, Intan Jaya dan Deiyai.

“Pembangunan markasnya di 2020. Pemerintah setempat harus didukung oleh Kepolisian, sekaligus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Waterpauw.

Dirinya berharap, dengan bertambahnya lima Polres di Papua dapat memudahkan Kepolisian dalam mengantisipasi terjadinya konflik maupun masalah lainnya secara cepat. “Nanti disitu akan kami tambahkan menjadi sebuah Komando Operasi Dasar, mulai dari Kapolres, perwira dan anggota-anggotanya,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us