HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

KM Tidar ditolak berlabuh di Nabire

Bupati Isaias Douw memberi keterangan pers, seusai rapat Forkopimda Nabire, Jumat (27/3/2020) - Jubi/Humaskab Nabire.
KM Tidar ditolak berlabuh di Nabire 1 i Papua
Bupati Isaias Douw memberi keterangan pers, seusai rapat Forkopimda Nabire, Jumat (27/3/2020) – Jubi/Humaskab Nabire.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Pemerintah Kabupaten Nabire melarang KM Tidar bersandar di Pelabuhan Samabusa. Angkutan laut penumpang milik PT Pelni tersebut sedianya tiba sekitar pukul  17.00 Waktu Papua.

“Keputusan ini ditetapkan dalam rapat forkopimda (forum komunikasi pimpinan daerah) bersama para pemangku kepentingan. Dasar pelarangannya ialah surat keputusan bersama gubernur dengan seluruh bupati dan wali kota di Papua,” kata Bupati Isaias Douw dalam keterangan tertulis yang diterima Jubi, Jumat (27/3/2020).

KM Tidar ditolak berlabuh di Nabire 2 i Papua

Rujukan lain ialah Surat Edaran Bupati Nabire tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19, dan Surat Penryataan Penetapan Siaga Darurat Penanganan Covid-19. Selain itu, menurut Douw, penolakkan masyarakat terhadap ketibaan KM Tidar di Pelabuhan Samabusa.

“Jadi, saya minta keluarga maupun penumpang menghormati keputusan bersama Forkopimda Nabire. Ini untuk keselamatan bersama,” lanjut Douw.

KM Tidar yang bertolak dari Manokwari tersebut pun harus memutar haluan, dan kembali ke rute semula. Tindakan itu sempat membingungkan para penumpang.

“Kapal sudah memasuki wilayah Nabire, tetapi berputar haluan. Saat ini, kapal telah masuk (berlayar kembali) ke Manokwari. Kami tidak tahu diturunkan di mana nanti,” kata Carol Ayomi, penumpang KM Tidar, saat dihubungi melalui telepon.

Kepala Pelni Cabang Nabire Suyatno menyatakan seluruh penumpang tujuan  Nabire diturunkan di Pelabuhan Manokwari. Adapun KM Tidar akan melanjutkan perjalanan menuju Sorong di Papua Barat.

“Nahkoda sudah berkoordinasi dengan Bupati (Nabire), tetapi kapal tetap tidak bisa sandar di (Pelabuhan Samabusa). Jadi, kami ikuti arahan pimpinan daerah,” kata Suyatno. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.