HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

KNPI minta Pemda Nduga kontrol harga tiket pesawat jelang Natal

KNPI minta Pemda Nduga kontrol harga tiket pesawat jelang Natal 1 i Papua
Ketua KNPI Nduga, Abola Kogoya (kanan) bersama seorang anggota KNPI Nduga-Jubi/Islami.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Nduga meminta kepada pemerintah setempat, mengontrol harga tiket pesawat yang dinilai mahal, apalagi menjelang Natal nanti.

Pasalnya kata Ketua KNPI Nduga, Abola Kogoya menilai masyarakat saat ini merasakan mahalnya harga tiket untuk penerbangan perintis dari Wamena ke Keneyam dan sebaliknya.

KNPI minta Pemda Nduga kontrol harga tiket pesawat jelang Natal 2 i Papua

Saat ini katanya, masyarakat masih kesulitan untuk natal di kampung mereka masing-masing, sehingga banyak memilih ke ibu kota Keneyam. Namun harga tiket cukup mahal, apalagi kebanyakan masyarakat Nduga di Wamena ini pengungsi,” kata Abola Kogoya kepada Jubi di Wamena, Sabtu (23/11/2019).

Untuk itu ia berharap pemerintah daerah setempat, memeriksa di bandara Wamena maupun Keneyam, agar harga tiket ini dapat terkontrol, agar tidak menjepit masyarakat untuk berakses baik ke Keneyam maupun ke Wamena juga mensubsidi penerbangan bagi masyarakat.

Ia juga berharap Pemda Nduga membangun lagi lapangan terbang yang layak agar pesawat berbadan besar selain twin otter dapat masuk ke Nduga.

“Hal ini agar akses perekonomian dan arus penumpang ke Keneyam bisa berjalan seperti kabupaten lain yang di pegunungan,” katanya.

Loading...
;

Sejauh ini yang ia ketahui untuk harga tiket dari Wamena ke Keneyam tidak tetap, kadang naik turun dan untuk harga normalnya Rp 2,3 juta dimana itu sewaktu-waktu bisa melonjak harganya.

“Sedangkan dari Keneyam ke Wamena, itu harganya bisa Rp 1,2 juta hingga Rp 1,5 juta itu juga bisa naik turun,” kata Abola Kogoya.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Kelas I Wamena, Joko Harjani saat dikonfirmasi menjelaskan, jalur penerbangan dari Wamena ke Keneyam bukan merupakan penerbangan berjadwal. Artinya, statusnya masih bersifat carteran.

“Sehingga harganya tidak ditentukan batas atasnya tergantung yang carter pesawat itu, yang melayani ke Keneyam dari Wamena itu diangkut oleh SAM Air dan pemerintah tidak mengatur batas atas harga penerbangan berbeda dengan penerbangan berjadwal,” kata Joko Harjani.

Ia katakan, dalam penerbangan carter itu tidak dapat mengeluarkan tiket. Bentuknya hanya sebatas voucher atau kwitansi karena masuk dalam kategori carteran.
Di sisi lain, penerbangan dari Wamena ke Keneyam itu juga ada subsidi dari pemerintah dengan penerbangan perintis. Namun frekuensinya hanya seminggu dua kali penerbangan. Yakni setiap Selasa dan Kamis dengan maskapai Susi Air.

“Untuk harga tiketnya sendiri Rp 275 ribu dengan menggunakan maskapai Susi Air. Jika memang ada harga tiket untuk penerbangan perintis ini di atas harga yang ditetapkan, silahkan lapor ke kantor bandara Wamena,” kata Joko Harjani.

Ia juga berkata akan coba memanggil SAM Air yang melayani carteran pesawat dari Wamena ke Keneyam dan sebaliknya, apakah bisa dimungkinkan harga tiketnya diturunkan.

“Tetapi kami hanya bersifat mengimbau, karena mereka punya hitungan bisnis sendiri, karena penerbangan tidak berjadwal harga tiketnya tidak ditetapkan oleh peraturan menteri perhubungan,” katanya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top