HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Koalisi Perempuan dukung kebijakan Pemprov cegah wabah Covid-19 di Papua

Logo kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan 2019. – Koalisi Masyarakat Sipil

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Menyikapi perkembangan situasi wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang sedang melanda dunia termasuk Tanah Papua, serta memperhatikan perkembangan situasi di tingkat pengambil Kebijakan, kami, Koalisi Perempuan Bergerak Selamatkan Manusia Papua menyatakan mendukung penuh kebijakan Pemerintah Provinsi Papua dalam upaya pencegahan, penanganan dan penanggulangan wabah Covid-19 di Tanah Papua sebagaimana tertuang dalam Kesepakatan Bersama Nomor: 440/ 3612/SET yang sudah ditandatangani oleh Forkopimda, Bupati/Walikota dan Stakeholder di Provinsi Papua tertanggal Selasa 24 Maret 2020 di Gedung Negara Dok V Kota Jayapura.

“Kami pun mendesak Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk segera mengambil kebijakan yang sama untuk pencegahan, penanganan dan penanggulangan wabah Covod-19 di Provinsi Papua Barat,” kata Rosa Moiwend dalam rilis yang dikirim ke redaksi Jubi (25/3/2020).

Koalisi juga menolak tegas pernyataan Menteri Dalam negeri Republik Indonesia Tito Karnavian yang kontra dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Papua sebagaimana dimuat di berbagai media di Indonesia. “Karena alasan mendagri menolak itu tidak jelas, sementara presiden sendiri sudah mengimbau kepada para kepala daerah untuk mengambil kebijakan sesuai dengan kondisi  daerahnya. Kepala daerah punya kewajiban untuk melindungi rakyatnya. Mengapa Mendagri menolak? Sudah ada kasus positif dan asalnya dari luar,” kata Moiwend.

Untuk itu, Koalisi Perempuan mendukung kerja para tenaga medis di seluruh Tanah Papua dan mendesak Pemerintah agar memastikan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk mendukung kerja-kerja mereka, dan menjamin terpenuhinya kebutuhan penting lain selama masa krisis ini berlangsung.

Koalisi pun mendorong Pemerintah Pusat, provinsi maupun kabupaten/kota di Tanah Papua untuk menyediakan bantuan kebutuhan dasar berupa makanan dan peralatan kebersihan bagi kelompok yang terdampak berhentinya aktivitas ekonomi di seluruh Tanah Papua.

Dan mengimbau masyarakat agar patuh pada himbauan Pemerintah untuk berdiam di rumah sesuai batas waktu yang telah ditetapkan, serta disiplin menjaga kebersihan dan jarak, demi memutus mata rantai penyebaran virus.

Loading...
;

“Masyarakat juga diharapkan bahu membahu membantu sesama warga yang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup selama masa krisis dan berdoa untuk pemulihan Dunia dan Tanah Papua yang kita cintai ini,” kata Nourish Griapon dari koalisi.(*)

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top