Follow our news chanel

Komisaris Kepenjaraan Samoa mundur setelah puluhan tahanan kabur

Komisaris Kepenjaraan Samoa mundur setelah puluhan tahanan kabur 1 i Papua
Penjara Tanumalala. – RNZI / Tipi Autagavaia

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Komisaris Kepenjaraan Samoa telah mengundurkan diri setelah puluhan narapidana kabur dari penjara keamanan tinggi negara, Senin malam (23/3/2020).

Komisaris Taitosauā Edward Winterstein berkata para tahanan menyergap penjaga penjara dan menyerang mereka, meninggalkan satu penjaga dalam keadaan kritis. Winterstein berkata dalam konferensi pers bahwa lima sipir penjara itu diserang oleh 36 narapidana.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa 29 tahanan telah melarikan diri, tetapi dalam konferensi pers diungkapkan bahwa mereka yang berhasil melarikan diri berjumlah 36 orang.

Para sipir mengalami berbagai luka-luka dan sedang dirawat di rumah sakit Motootua.

Tahanan yang kabur dilaporkan telah merusak kantor administrasi, mematikan sistem komunikasi dan sumber listrik, lalu melarikan diri ke gelapnya malam.

Sebagian besar darinya telah ditangkap kembali, tetapi empat orang – termasuk seorang laki-laki yang dipenjara karena pembunuhan ganda – masih dalam pelarian.

Loading...
;

Polisi sedang menyelidiki kejadian itu, dan Perdana Menteri Samoa, Tuillemepa Sailele Malielegaoi Tuila’epa telah mengumumkan bahwa kementerian kepolisian negara itu akan segera mengambil alih pengelolaan lapas dan penjara negara itu.

Sejak dibuka setahun yang lalu, sudah beberapa kali Penjara Tanumalala yang baru dijebol.

Pengunduran diri Winterstein juga dikonfirmasikan oleh Menteri Penjara dan Layanan Pemasyarakatan, Tialavea Tionisio Hunt, dalam wawancara dengan Samoa Observer.

Menurut laporan Samoa Observer, menteri itu juga menegaskan bahwa Kabinet telah menyetujui keputusan untuk memindahkan pengelolaan penjara kembali ke bawah portofolio kementerian kepolisian. Saat ditanyai pada TV 3 pada Selasa pagi (24/3/2020), Komisaris Polisi Fuiavailili Egon Keil berkata ada kemungkinan para tahanan menggunakan radio curian dari penjara untuk menguping pembicaraan polisi sepanjang malam. Mereka juga membobol blok perempuan.

“Setahu saya, 36 tahanan melarikan diri tadi malam, dari populasi penjara yang ada sekitar 300 tahanan. Selain itu ada juga yang ditahan untuk sementara sambil menunggu kasus mereka di pengadilan, ada sekitar 110. Jadi ada sekitar 410 orang yang ditahan di sana,” jelas Polisi Komisaris, Fuiavailiili. (RNZI)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top