Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Komisioner KPU Papua bergilir melakukan supervisi ke daerah

Kantor KPU Papua - Jubi/Arjuna Pademme
Komisioner KPU Papua bergilir melakukan supervisi ke daerah 1 i Papua
Kantor KPU Papua – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua dan enam komisioner Komisi Pemilihan Umum Papua secara bergiliran memantau kinerja dan memberikan bimbingan teknis penyelenggaran tahapan Pemilihan Umum 2019 kepada 29 Komisi Pemilihan Umum kabupaten/kota di Papua. Kini, para komisioner Komisi Pemilihan Umum Papua sedang mengawal proses rekruitmen anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua, Tarwinto mengatakan pihaknya berusaha keras penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019 di Papua berkualitas. “Kami terus bergiliran berkeliling ke 29 kabupaten/kota untuk memberikan bimbingan teknis cara menghitung rekapitulasi suara kepada Panitia Pemilihan Distrik maupun Panitia Pemungutan Suara. Kami juga sedang mengawasi proses rekruitmen anggota  Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS,” kata Tarwinto kepada Jubi, Rabu (6/3/2019).

Komisioner KPU Papua bergilir melakukan supervisi ke daerah 2 i Papua

Hingga kini, masih ada tujuh KPU kabupaten/kota yang belum memiliki komisioner, sehingga tugas dan wewenang ketujuh KPU itu diambil alih oleh KPU Papua. Ketujuh KPU kabupaten/kota yang tidak memiliki komisioner itu adalah KPU Kabupaten Jayapura (308 tempat pemungutan suara/TPS), Mamberamo Tengah (84 TPS), Nduga (465 TPS), Boven Digoel (224 TPS), Paniai (267 TPS), Waropen (116 TPS) dan Kota Jayapura (632 TPS).

Tarwinto menyatakan jika tujuh KPU itu tidak memiliki komisioner pada saat pemunguatan suara 17 April 2019, komisioner KPU Papua akan turun memimpin rapat pleno penghitungan rekapitulasi perolehan suara di ketujuh kabupaten/kota. Semoga kekosongan komisioner di tujuh KPU itu terisi sebelum penyelenggaraan pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang,” kata Tarwinto.

Secara terpisah Komisioner Bawaslu Papua, Anugrah Pata meminta KPU Papua lebih memperhatikan dan mengawal proses seleksi komisioner tujuh KPU kabupaten/kota itu. Anugrah mengingatkan kondisi geografis Papua yang sulit serta keterbatasan sarana transportasi dan komunikasi akan membuat pengambilalihan tugas dan wewenang tujuh KPU kabupaten/kota oleh KPU Papua tidak efektif. “Pelaksanaan tahapan Pemilu yang sedang berlangsung membutuhkan komando langsung dari komisioner KPU kabupaten/kota,” kata Anugrah Pata. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top