Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Komitmen terhadap perempuan di Parlemen Nasional PNG

Ilustrasi Anggota Parlemen Nasional
Komitmen terhadap perempuan di Parlemen Nasional PNG 1 i Papua
Parlemen Nasional Papua Nugini (PNG). – Post-Courier/Gorethy Kenneth

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Perdana Menteri PNG, Peter O’Neill berkata, akan menyusun proposal yang nantinya diajukan ke Parlemen Nasional untuk mengalokasikan kursi khusus perwakilan perempuan.

“Kita harus melakukan hal ini,” kata PM O’Neill, saat PNG merayakan Hari Perempuan Internasional Jumat lalu, 8 Maret 2019.

Komitmen terhadap perempuan di Parlemen Nasional PNG 2 i Papua

Saat ini tidak ada Anggota Parlemen (MP) perempuan di Parlemen Nasional negara itu, padahal banyak kandidat perempuan yang layak maju dalam Pemilu Nasional 2017 untuk memperebutkan 111 kursi. O’Neill berkata itu adalah “hasil yang sangat disayangkan” dari proses demokrasi.

“Saya ingin situasi ini menjadi lebih baik, dan pemerintah akan mengajukan suatu proposal kepada parlemen yang akan menyediakan kursi khusus untuk perempuan. Kita harus melakukan hal ini, kita perlu keanekaragaman dalam berbagai debat mengenai kebijakan; kita perlu masukan dari perempuan di negara kita, di Parlemen Nasional,” tuturnya.

“Dan kita harus menciptakan lebih banyak peluang bagi perempuan di negara kita, bukan hanya di parlemen, tetapi di kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

O’Neill mengatakan perempuan seringkali diabaikan dan ini tidak adil.

Loading...
;

“Ketika memulai pendidikan gratis untuk negara ini, dengan memberdayakan anak-anak perempuan dan orang muda, untuk menetapkan cita-cita yang lebih tinggi dan memungkinkan capaian yang lebih tinggi,” katanya.

“Dengan sekolah gratis, jumlah pendaftaran anak ke sekolah naik dari satu juta menjadi dua juta anak, dan sebagian besarnya adalah anak perempuan. Dengan kesempatan ini, penting bagi para perempuan muda untuk menyelesaikan sekolah mereka. Saya ingin melihat lebih banyak perempuan kita sekolah dan lulus, sehingga mereka bisa mendapatkan pekerjaan dan memulai bisnis,” lanjutnya.

O’Neill mengingatkan orang PNG, negara mereka adalah negara muda dengan potensi yang besar, kaya akan sumber daya, dengan masa depan ekonomi yang cerah, tetapi sumber dayanya yang paling besar adalah manusia.

“Kita tidak akan pernah mencapai potensi kita, jika tidak memperhatikan isu-isu inti dan mendasar dalam negara, dan itu adalah kesejahteraan semua orang terutama perempuan di negara kita,” katanya. (Post-Courier/Gorethy Kenneth)


Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top