Follow our news chanel

Komnas HAM minta aparat kepolisian pahami budaya lokal Papua

Ilustrasi aparat keamanan - Jubi. Dok
Komnas HAM minta aparat kepolisian pahami budaya lokal Papua 1 i Papua
Ilustrasi aparat keamanan – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komisioner Komnas HAM RI, Beka Ulung Hapsara meminta aparat keamanan yang bertugas di Papua untuk memahami budaya masyarakat setempat.

Menurutnya, aparat keamanan dituntut tak hanya paham soal pengamanan, konstitusi, HAM hingga level operasional teknis di lapangan, namun juga harus memiliki pengetahuan budaya yang cukup, sehingga dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan tindakan di lapangan.

“Bahaya juga kalau polisi tidak tahu tradisi seperti apa. Kebiasaan masyarakat seperti apa, untuk kemudian dipukul rata bahwa ini adalah tindakan provokasi, menyulut kerusuhan dan lainnya,” kata Beka Ulung Hapsara, kepada Jubi di Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Terkait sejumlah kasus demonstrasi di Papua yang berujung kekerasan belakang ini menurutnya, Komnas HAM selalu memberikan saran kepada pihak kepolisian, baik secara formal maupun non formal.

“Kami komunikasi dengan kapolri. Artinya memberi saran begitu. Sudah dilakukan. dengan teman-teman Kapolda, juga teman-teman kepolisian. Responsnya ya ‘baik kita akan tindaklanjuti’. Masih respons normatif,” ujarnya.

Anggota DPR Papua, John NR Gobai menyatakan hal yang sama. Menurutnya, aparat keamanan yang bertugas di Papua mesti memahami karakter dan budaya masyarakat di setiap daerah.

Loading...
;

“Misalnya karakter dan budaya masyarakat di wilayah pegunungan berbeda dengan masyarakat di wilayah lain di Papua. Hal-hal ini yang mesti dipahami aparat keamanan,” kata Gobai.

Gobai mencontohkan, belum lama ini Polres Mimika membubarkan ibadah syukur dengan cara tradisi bakar batu oleh mahasiswa dan masyarakat Mimika.

“Ini menandakan aparat keamanan tidak memahami budaya masyarakat setempat. Apa yang salah dari acara bakar batu sebagai ungkapan syukur?” ujarnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top