Follow our news chanel

Previous
Next

Kompolnas menyayangkan tertembaknya lima anggota Polri oleh TNI di Papua

Prosesi pemberangkatan tiga jenazah anggota polisi korban insiden di Mamberamo Raya ke rumah duka di Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mappi - https://www.tribratanewspapua.id
Kompolnas menyayangkan tertembaknya lima anggota Polri oleh TNI di Papua 1 i Papua
Prosesi pemberangkatan tiga jenazah anggota polisi korban insiden di Mamberamo Raya ke rumah duka di Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mappi – https://www.tribratanewspapua.id

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi –  Komisi Kepolisian Nasional atau Kompolnas menyayangkan insiden keributan antara oknum anggota TNI dari Satuan Tugas Yonif 755/Yalet dan anggota Polri di Kabupaten Memberamo Raya, Minggu pagi (12/4/2020).

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti mengatakan pihaknya prihatin dan menyayangkan insiden bentrokan (keributan), yang melibatkan kedua pihak.

Dalam insiden itu, tiga anggota Polres Mamberamo Raya tewas tertembak dan dua lainnya mengalami luka tembak.

Padahal menurut Poengky, Kapolri dan Panglima TNI serta jajaran pimpinan di bawahnya termasuk Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cenderawasih, selalu memberikan teladan menguatkan soliditas Polri dan TNI.

“Ternyata di bawah terkadang ada gesekan-gesekan yang sebetulnya tidak perlu terjadi, dan harus segera diselesaikan dengan baik agar situasi kembali kondusif dan masyarakat merasa aman,” kata Poengky melalui pesan singkatnya kepada Jubi, Senin (13/4/2020).

Kompolnas kata Poengky, mengapresiasi dan mendukung tindakan cepat Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cenderawasih, untuk memulihkan kondisi dengan cara menurunkan tim melakukan penyelidikan kasus serta memerintahkan anggotanya tetap tinggal di markas dan nenenangkan diri.

Loading...
;

“Sebagai pimpinan Polda dan Kodam, Kapolda Papua juga Pangdam Cenderawasih langsung turun ke lokasi kejadian. Kompolnas berharap, situasi segera kondusif. Masyarakat sangat membutuhkan kondisi Papua aman dan damai,” ujarnya.

Poengky berharap, para pelaku yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan korban luka diproses pidana sesuai hukum yang belaku, demi memberikan kepastian hukum dan memenuhi asas keadilan.

“Selain itu, hal ini (proses hukum) juga dapat memberikan efek jera, agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” ucapnya.

Berdasarkan rilis yang dikirimkan bidang hubungan masyarakat Polda Papua kepada Jubi pada Senin (13/3/2020), disebutkan jenazah tiga anggota Polres Mamberamo Raya telah diberangkatkan ke rumah duka di Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mappi, Senin pagi.

Sebelum diterbangkan ke daerah tujuan terlebih dahulu dilakukan upacara pelepasan jenazah di RS. Bhayangkara, di Kota Jayapura.

Jenazah diterbangkan menggunakan esawat Hercules TNI AU A2307, dari Base Ops Lanud Silaspapare, Kabupaten Jayapura menuju Base Ops Lanus J.A Dimara Merauke.

Pangdam/XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab menyampaikan permohonan maaf dari jajaran TNI kepada seluruh jajaran Kepolisian maupun yang berada di jajaran Polda Papua.

“Hari ini kita mengantar keberangkatan tiga jenazah, kami turut belasungkawa atas saudara kita yang telah mendahului kita. Kami tetap melakukan tindakan hukum kepada para pelaku dan telah mengirimkan tim investigasi yang sudah berada di Kasonaweja Mamberamo Raya,” ujar Asaribab, dikutip dari rilis tersebut.

Kata Pangdam, pihaknya bersama Kapolda Papua mendukung proses perjalanan sampai ke pemakaman, saya berharap TNI-Polri tetap menjaga sinergitas serta menjaga kedamaian yang berada di Papua. (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top