Follow our news chanel

Komunitas Enaimo angkat sampah di jalan poros Wadio

Komunitas Enaimo angkat sampah di jalan poros Wadio 1 i Papua
Aksi bersih sampah Komunitas Enaimo . Jubi/Titus Ruban

Nabire, Jubi – Sesuai dengan salah satu tujuan komunitas, yakni kepedulian terhadap persoalan lingkungan, khususnya sampah di Nabire. Komunitas Enaimo (KENA) turun di Jalan poros Wadio lalu membersihkan sampah di tempat ini.

Kegiatan itu dilangsungkan pada Rabu lalu (10/07/2019), komunitas yang baru saja terbentuk itu melakukan aksi angkat sampah di jalan poros Wanggar, tepatnya di depan SMKN 02, Jayanti Wadio, Nabire yang merupakan salah satu tempat pembuangan sampah, atau masyarakat sering menaruhnya.

“Komunitas Enaimo mau katakan kepada seluruh warga Nabire, jangan tanyakan apa yang Pemkab Nabire buat kepada kita tentang sampah, tapi tanyakan kepada dirimu, apa yang hari ini kita buat untuk Nabire terkait sampah,” ujar Keiya kepada Jubi saat aksi.

Menurutnya, kegiatan itu merupakan satu kegiatan prioritas dari KENA, guna berantas sampah yang akhir-akhir ini tidak terurus dengan baik.

“Jika sampah ada di mana -mana, maka tidak elok jika saling mengalahkan. Tetapi kita harus ikut memerangi. Mulai dari keluaga baru ke lingkungan,” tuturnya.

“Jadi kita hanya mengeluh tanpa ada ada pertisipasi yang nyata dari warga terhadap sampah. Padahal, sejumlah titik di dalam kota banyak tertimbun sampah dalam jumlah besar. Seperti terminal Oyehe dan Pasar Karang Pasar Kali bobo, dan jalan poros ini,” lanjut dia.

Dia berujar, aksi komunitasnya mendapat dukungan penuh dari seluruh anggota. Sehingga ada yang memberikan satu truk, satu pick up Triton serta BBM sebagai swadaya komunitas dalam aksi ini.

Loading...
;

Salah seorang anggota komunitas, Nomen Douw, menambahkan bahwa agar tidak menunggu dinas terkait memerangi sampah, sebaiknya masyarakat atau komunitas bisa melakukan dengan aksi kecil kecilan di lingkungannya, tiap RT/RW, akan jauh lebih baik.

“Daripada hanya kita berkoar-koar di media sosial. Ingat bahwa media sosial, tidak akan pernah menyelesaikan persoalan yang ada,” tandasnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top