Follow our news chanel

Previous
Next

Kondisi Kim Jong Un masih misterius

Kim Jong Un - (Antara/Reuters/KCNA).
Kondisi Kim Jong Un masih misterius 1 i Papua
Kim Jong Un – (Antara/Reuters/KCNA).

Papua No.1 News Portal | Jubi

Seoul, Jubi – Media Pemerintah Korea Utara masih membungkam informasi mengenai kondisi Kim Jong Un. Pejabat Korea Selatan dan Tiongkok serta sejumlah sumber intelijen Amerika Serikat juga meragukan laporan mengenai kondisi Kim yang dikabarkan sakit parah.

Spekulasi soal kesehatan Kim muncul setelah dia absen dalam perayaan ulang tahun Pendiri Korea Utara, mendiang Kim Il Sung pada 15 April. Kantor Berita resmi Korea Utara, KCNA maupun surat kabar partai berkuasa, Rodong Sinmun tidak mengindikasi keberadaan Kim dalam terbitan rutin. Mereka hanya mengabarkan Kim memberi kado ulang tahun kepada warga negara terkemuka.

Berita utama KCNA pada Rabu hanya membahas soal peralatan olah raga, dan pemetik mulberry. Kemudian, pertemuan di Bangladesh untuk mempelajari juche atau ideologi kemandirian Korea Utara. Sementara itu, Rodong Sinmun memuat artikel soal ekonomi mandiri dan langkah-langkah dalam penanggulangan pandemi covid-19.

Pihak Istana Kepresidenan Korea Selatan, Blue House, kemarin memastikan tidak ada tanda-tanda tidak lazim dari Korea Utara. Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan laporan soal kondisi sakit Kim belum terkonfirmasi. Dia pun tidak begitu saja memercayai rumor yang beredar tersebut.

Para pengamat Korea Utara memperingatkan bahwa fakta soal kondisi Kim sulit dipahami. Namun, ketidakhadirannya di perayaan penting pada pekan lalu memberi sinyal bahwa mungkin telah terjadi sesuatu terhadap Kim.

Pelaporan dari dalam Korea Utara terkenal sulit, terlebih lagi mengenai pemimpin mereka. Penguasa setempat mengontrol kontrol ketat seluruh informasi publik.

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top