Follow our news chanel

Previous
Next

Konferensi internasional Papua lahirkan empat poin deklarasi Los Angeles

Penggagas konferensi internasional, Rini Modouw membacakan Deklarasi bersama International forum pemuda dan cendikiawan tanah Papua dengan nama: deklarasi los angeles; Deklarasi Generasi Emas Papua, Jumat malam - Jubi/IST
Konferensi internasional Papua lahirkan empat poin deklarasi Los Angeles 1 i Papua
Mahasiswa Papua di luar negeri saat mengikuti konferensi international forum pemuda dan cendekiawan tanah Papua di Los Angeles, Amerika Serikat– Jubi/Alfaro Hans

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Los Angeles, Jubi – Konferensi Internasional Pemuda dan Cendekiawan Papua yang berlangsung di Sheraton Gateway Hotel Los Angeles California Amerika Serikat, mencetuskan deklarasi generasi emas Papua atau deklarasi Los Angeles.

Deklarasi Los Angeles berisi empat poin penting yakni pertama berkomitmen untuk bersatu dan bersinergi dalam mewujudkan forum internasional pemuda, pelajar dan cendikiawan Tanah Papua untuk memajukan Sumber Daya Manusia Papua yang handal dalam menghadapi tantangan global serta untuk membangun Tanah Papua di segala bidang menuju Indonesia sebagai kekuatan Ekonomi Dunia ke-4 pada tahun 2045.

Kedua mendorong gerakan inovasi dan kreativitas, mendorong partisipasi aktif pemerintah dan swasta dalam mendukung pemuda-pemudi Tanah Papua sehingga dapat berkontribusi nyata bagi pembangunan Tanah Papua, Indonesia, dan dunia secara berkelanjutan.

Ketiga berkomitmen mendorong minat dan kemampuan kewirausahaan (entrepreneurship skills) pemuda Papua, untuk menjadi solusi bagi peningkatan kesejahteraan ekonomi serta kemampuan soft skills dan hard skills guna bersaing dan berdaya guna di era Revolusi Industri 4.0.

Keempat menyerukan kepada seluruh pemuda–pemudi Tanah Papua untuk tidak takut bermimpi besar dan menyampaikan ide, gagasan secara terbuka dan bekerja keras merealisasikannya untuk kepentingan bangsa dan negara.

Deklarasi ini dibacakan oleh penggagas konferensi internasional yang juga wakil cendekiawan Papua, DR. Rini S Modouw, Jumat malam (20/12/2019) didampingi perwakilan pelajar dan mahasiswa Papua Amerika Michael Anis Labene, Direktur Papua Muda Inspiratif (PMI) Neil Aiwoy.

Loading...
;

Hadir mewakili pemerintah dihadiri Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo, staf khusus presiden Billy Mambrasar, perwakilan DPR-RI Yan P Mandenas,  dan Konsulat Jenderal (Konjen) Los Angeles,San Fransisco, New york disaksikan peserta konferensi pelajar dan cendekiawan Papua.

Konferensi Internasional Pemuda dan Cendekiawan Papua diselenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat, bertajuk “Golden Generation of Papua: Shine On” tersebut merupakan gagasan Forum of Papuan Youth and Scholar dan Ikatan Mahasiswa Papua di Amerika Serikat (IMAPA-USA).

Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC, seluruh KJRI di Amerika Serikat, serta Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Konferensi ini membahas ide dan gagasan serta peran pemuda Papua dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi bagi percepatan pembangunan kawasan Indonesia Timur sebagaimana prioritas Pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Wamenlu-RI), Mahendra Siregar, didampingi Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jhon Wempi Wetipo, Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen, Asisten III Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun, Asisten III Provinsi Papua Barat, Raymond RH Yap, Anggota Komisi I DPR RI, Yan P Mandenas, Anggota DPD RI, Yoris Raweyai, Bupati Paniai, Melki Nawipa, Penasehat Kementerian Luar Negeri, Michael Manufandu, dan Konsulat Jenderal (Konjen) Los Angeles, Texas, San Fransisco, Houston dan New York.

Mahendra Siregar mengatakan, pemuda, mahasiswa, dan cendekiawan Papua di luar negeri adalah aset bangsa Indonesia. Kedutaan Besar Republik Indonesia di seluruh dunia diberi tugas menopang perkuliahan anak-anak Papua dan membuka peluang lapangan pekerjaan bagi mahasiswa Papua di luar negeri.

“Sejak pertemuan dengan Bapak Gubernur Papua dan Papua Barat, seluruh Kedubes (RI) wajib mendukung anak-anak Papua yang sedang kuliah di luar negeri dan juga mempromosikan potensi-potensi Papua ke dunia internasional,” kata Siregar, yang juga Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top