Follow our news chanel

Previous
Next

KONI Kabupaten Deiyai verifikasi pengurus cabor

Ketua KONI Deiyai, Lemander Edowai, saat memberikan sambutan. - Jubi/Abeth You

Papua No.1 News Portal | Jubi

Deiyai, Jubi – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Deiyai mulai mempersiapkan atlet dan mengatur pengurus cabang olahraga (cabor). Selain itu, KONI memverifikasi pengurus cabor dan membuat pengurus cabang serta badan olahraga fungsional.

Ketua KONI Kabupaten Deiyai, Lamander Edowai, mengatakan hal-hal tersebut juga meliputi sistem manajemen, pembinaan dan prestasi.

“Ada 18 cabor di Deiyai. Kami suruh mereka bawa SK dari pengurus cabang provinsi dan Paniai, mendirikan sekretariat, pasang papan nama, dan membuka nomor rekening atas nama pengurus cabor. Dari ini akan ditotal nantinya yang ujungnya terkait dengan dana pembinaan yang diterima masing-masing pengurus cabor,” katanya, di Deiyai, Rabu (5/8/2020).

Menurut dia, nanti fokusnya pada sistem pembinaan, dan dari 10 aspek penilaian salah satunya terkait bagaimana pembinaan dijalankan setiap pengurus cabor, mulai dari program latihan, pembinaan klub sampai dengan pembinaan pelatih.

“Kami ingin cabor melakukan program pembinaan lebih terinci dan terdata programnya, sehingga nantinya kita bisa memberikan masukan-masukan apa saja kekurangannya. Dari sini akan terlihat mana pengurus cabor yang serius melakukan pembinaan dan yang biasa-biasa,” ujarnya.

Untuk kelengkapan berkas, pihaknya memberikan waktu selama seminggu hingga Jumat (7/8/2020). “Jadi kalau ada pengurus cabor yang datang dan tidak bawa berkas berarti KONI anggap vakum dan batal,” katanya.

Loading...
;

Sekretaris KONI Kabupaten Deiyai, Wilibrordus Pekei, mengatakan pengurus cabor berskala besar seperti PSSI punya banyak klub lokal, maka pihaknya akan mendorong melakukan musyawarah daerah (musda), agar masing-masing klub lokal memilih pengurus secara transparan.

“Dan kami sedang berkoordinasi dengan PSSI Provinsi Papua untuk mengadakan musda,” ucapnya.

Ia menambahkan, pada 2020 pihaknya berencana membuat sebuah pertandingan Piala KONI, namun waktu belum ditentukan dan apa saja cabornya.

“Nanti kami pengurus melakukan pertemuan dulu. Jadi dalam pertandingan ini, kami akan melibatkan dua kabupaten tetangga yakni Dogiyai dan Paniai,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top