Follow our news chanel

KONI Papua minta Pertina lebih aktif siapkan pembinaan atlet dan pelatih

papua-sekum-koni
Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya - Jubi/CR-4

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) minta Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Papua bisa lebih aktif menyiapkan pembinaan atlet maupun pelatih, di era kepimimpinan Ricky Ham Pagawak, sebagai Ketua Umum terpilih Pertina Papua periode 2020-2024.

Diungkapkan Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, dua hal tersebut merupakan pilar penting untuk mencetak prestasi dan mengembalikan kejayaan tinju Papua di kancah nasional pada masa mendatang.

Ia menilai pembinaan atlet maupun pelatih di tingkat kabupaten dan kota belum berjalan baik. Bahkan hal tersebut juga masih menjadi kekurangan di hampir setiap cabang olahraga.

“Pertina harus lebih aktif lagi melakukan pembinaan di kabupaten-kota karena sesungguhnya potensi atlet kita banyak. Terutama bagaimana dengan pelatih-pelatih lokal di kabupaten. Itu sangat penting dilakukan pembinaan dan pelatihan. Karena sehebat apapun atlet, yang menggembleng tentu saja pelatih. Kelemahan kita sampai hari ini di hampir semua cabor itu lemah di SDM pelatih di kabupaten-kabupaten,” ujar Kenius kepada wartawan olahraga di Jayapura, belum lama ini.

Kenius juga minta di masa kepemimpinan Ham Pagawak, Pertina bisa lebih eksis dan aktif dalam menggelar kejuaraan-kejuaraan tinju untuk menghidupkan kembali sasana-sasana tinju.

“Kita berharap harus kembali dibuat turnamen supaya menghidupkan lagi sasana-sasana tinju dan pembinaan bisa terus berjalan. Kalau itu hidup pasti akan banyak bakat-bakat muda yang lahir, dan potensi tidak akan pernah habis,” pungkas Kenius.

Baca juga: Ricky Ham Pagawak terpilih menjadi Ketua Pertina Papua

Loading...
;

Sementara itu, Ketua Umum (terpilih) Pertina Papua periode 2020-2024, Ricky Ham Pagawak, telah berkomitmen dan menyampaikan keinginannya untuk menjadikan Pertina sebagai organisasi yang independen dan profesional, serta membangun prestasi olahraga tinju untuk mengangkat harkat martabat Papua.

Bupati Mamberamo Tengah ini sangat berhasrat untuk mengembalikan kejayaan olahraga tinju Papua di kancah nasional maupun internasional. Ia terinspirasi dari kejayaan tinju di masa silam, di era petinju-petinju legendaris Papua semacam Benny Maniani dan Carol Renwarin.

“Bersama Pertina, saya akan berusaha mengembalikan kejayaan tinju demi harga diri Papua. Olahraga tinju itu bisa besar jika kita bersatu. Kita harus bersatu untuk bekerja bersama dan mengembalikan kejayaan tinju Papua. PON harus sukses dan Papua harus juara umum,” ujar Pagawak. (CR-4)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top